Tingginya Animo Di Masyarakat. Munir Jalil : Bagaimana Pilkadanya Akan Sukses

oleh -70 views
Munir Jalil SH, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wawasan Citra Nusantara (Wacana). KONTEN INDONESIA / Ibra Hermawan 

KAB BOGOR – Gegap gempita dan hiruk pikuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak memang sangat terasa, akan tetapi hal tersebut tidak dirasakan oleh seluruh warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), terutama yang berada di pelosok. Seperti yang terjadi di Wilayah Desa Cibening, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, masih banyak warga yang belum tahu pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang akan di gelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Sehingga menuai sorotan dari Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wawasan Citra Nusantara (Wacana) Munir Jalil SH.

Munir Jalil mengatakan, masyarakat yang telah di survei rata-rata belum mengetahui agenda pemilu. Maka hal ini seharusnya jadi perhatian dari Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor.

“Ketidak tahuan dari berbagai warga di pelosok, harusnya jadi perhatian dari Panwas dan KPU. Karena bila hal ini terus dibiarkan maka animo warga di Pilkada sekarang akan menurun,” kata Munir, yang juga ketua dari Tim Under Cover, kepada Wartawan. Sabtu, 03/03/2018.

Menurut Munir, jika warga sampai saat ini tidak mengetahui ada Pilkada karena terjadi tingginya animo, bagaimana Pilkadanya akan sukses, diakutan warga yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menurun. Terlebih masyarakat juga tidak mengetahui Paslon yang ikut bertarung di pemilihan bupati dan wakilnya.

“Sebagai masukan untuk lembaga yang memang bertanggungjawab suksesnya Pilkada, agar sesegera mungkin mengambil sikap dan tindakan langsung, dengan melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat, terutama yang ada di pelosok. Jika hal ini tidak disikapi saya yakin Golpot akan tinggi pada Pilkada kali ini,” terang Munir.

Dari sejumlah informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, yakni diwilayah Cigudeg tersebut, faktanya dilapangan masih banyak warga yang tidak tahu ada Pilkada di Bumi Tegar Beriman pada 27 Juni 2018.

“Maka dari itu, harus ada upaya nyata dari seluruh pihak terkait yang memiliki tanggungjawab langsung akan suksesnya pilkada. Karena pesta rakyat bagaimana akan sukses, jika rakyatnya tidak mengetahui,” pungkasnya.

 

 

 

 

Penulis : Ibra Hermawan
Editor   : Deni