Bentuk Nyata Komitmen Dukung Pemerintah, Klinik Khasanah Gelar Edukasi Dan Pemeriksaan Bumil Gratis

oleh -54 views

CIAMIS – Puluhan ibu hamil (bumil) terlihat antusias mengikuti acara Edukasi Dan Pemeriksaan Bumil bertempat di ruangan serbaguna Kinik Khasanah, Desa Sindangherang Panumbangan.

Klinik Khasanah yang berdiri tahun 2017 bukan hanya memberikan layanan pada pasien rawat jalan (ranjal), pasien rawat inap (ranap), pemerikaan bumil, serta persalinan dalam keberadaannya membuktikan komitmen mendukung proram pemerintah.

Tedi Rustindi., S.KM, S.Kep, Ners selaku Kepala Klinik didampingi Pengawas Yayasan, Iso Nana Sumpena menerangkan acara tersebut diadakan merupakan sebuah bentuk nyatadari komitmen, “Komitmen kita Klinik Khasnah,,, dengan acara ini salah satu bentuk nyata,” ujar Tedi, minggu (12/9/2021).

Komitmen yang dimaksud ujarnya mendukung Pemerintah dalam Usaha Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) serta Menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB).

Pemeriksaan dan edukasi bumil geratis kali itu merupakan kegitan ke tiga dari agenda tahunan Klinik khasanah. Puluhan Bumil dengan berbagai usia kehamilan mengikuti pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan HB, senam ibu hamil, pembekalan pengetahuan dari Dr firda Septian tentang kehamilan, peroses dan pasca kelahiran.

Dorprize bagi bumil yg mampu m3njawab pertanyaan ttg materi yg telah diberikan. “Peserta mendapatkan pemeriksaan kehamilan/ ANC, pemeriksaan HB (haemoglobine), pemberian Fe (suplemen penambah darah), dan paket susu Bumil,” terang Tedi Rustindi, hingga dipenghujung acara ada sesi doorprize bagi bumil yang datang lebih awal, mamapu menjawab menjawab pertanyaan dari materi yang telah dipaparkan narasumber.

“Karena kualitas hidup, angka harapan hidup itu sejatinya harus disiapkan sejak dari kehamilan,” kata Nenah Sukaenah S. ST selaku Pembina Yayasan Kesehatan Khasanah, menambahkan itulah motivasi Klinik Khasanah mengagendakan acara eduksai dan pemeriksaan bumil gratis setidaknya 1 kali dalam setahun.

“Harus disiapkan gizi ibu hamil, pemeriksaan bumil Teratur, disiapkan kesehatan jasmani dan rohani. Sehingga ketika kelahiran lancar bayinya sehat.” Pungkas Bidan Nenah.

Editor : abraham Mahmoud