Berkah HUT Kemerdekaan, 268 Warga Binaan Rutan IDI Dapatkan Remisi

oleh -135 views
Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin HM Thaib menyerahkan Surat Keterangan remisi saat acara Anjangsana di Cabang Rutan Idi. Sabtu, 17 /8/2019.

ACEH TIMUR  – Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 di lapangan upacara kabupaten Aceh Timur berlangsung dengan khidmat, Adapun yang Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Aceh Timur H Hasballah HM. Thaib,  SH, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Kemudian setelah pengibaran Bendera Merah Putih dilanjutkan dengan anjangsana ke Cabang Rutan Idi. Adapun agendanya yakni, kegiatan penyerahan Remisi kepada Narapidana Cabang Rutan Idi.

Dalam kesempatan itu bupati Aceh Timur turut didampingi ketua TP PKK Kabupaten Aceh Timur, Ny. H Fitriani D Hasballah, SH, MH . Dalam rombongan juga ikut hadir Sekretaris Daerah Aceh Timur, H. M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, Kepala OPD, serta unsur Forkopimda Aceh Timur.

Sementara itu kepala Cabang Rutan Idi, Efendi SH, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa hari ini jumlah warga binaan Rutan Idi sebanyak 487 orang. Namun kapasitas rutan idi hanya 150 orang saja. “Rata-rata warga binaan rutan idi sebanyak 90 persen  tersandung kasus narkotika dan disusul kasus undang-undang perlindungan anak, serta kriminal lainnya,” ungkap Efendi.

Lebih lanjut dikatakan, sehubungan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 74 pada hari ini ada warga binaan yang  mendapatkan remisi umum tahun 2019. “Adapun warga binaan yang mendapatkan remisi umum tahun 2019 sebayak 268 orang, “ungkap Efendi.

Bupati Aceh Timur mengharapkan, kepada seluruh warga binaan agar terus memperbaiki pola sikap untuk menjadi pribadi yang lebih baik. “ Melalui pembinaan yang baik tentu sangat kita harapkan adanya perubahan bagi pribadi masing- masing sehingga setelah melewati masa binaan.Disini mereka juga terus belajar untuk bangkit kembali dalam menata kehidupan yang lebih baik,” kata Bupati yang akrab dipanggil Rocky ini.

Disinggung mengenai komitmen pemerintah daerah dalam mencegah bahaya narkoba, bupati  mengaku bersama Forkompimda terus berupaya memberentasnnya. “ Kita telah bekerja sama dengan kepolisian, TNI, Tokoh Ulama dengan cara turun  langsung ke desa melakukan pencegahan baik dengan cara langsung dan bentuk sosialisasi lainya,” tandas Rocky.

Usai anjangsana ke Cabang Rutan Idi, dilanjutkan dengan kegiatan Pawai Karnaval dalam rangka memperingati Hut Kemerdekaan RI ke – 74 yang   berlangsung dihalaman Pendopo Idi. Pelepasan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Timur yang turut didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Timur , Ny. H Fitriani D Hasballah, SH, MH,PLt. kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Bahri, S.Pd., M.Pd, dan kepala SKPK lainnya.

Acara karnaval ini di ikuti sebanyak 52 regu dari berbagai tingkat sekolah, terdiri dari Paud, SD,  dan SMA. Selain itu carnival kali ini turut diramaikan empat group drumband terbaik, dan dilengkapi kemeriahan dengan penampilan pakain adat dari berbagai daerah di Indonesia ditunjukan oleh peserta dari masing–masing sekolah.

Sementara untuk jadwal sore harinya, upacara penurunan bendera merah putih  juga berlangsung dengan aman dan lancar. Sebelum upacara dihelat berbagai atraksi bela diri ditampilkan oleh personel kepolisian Aceh Timur. Dalam upacara itu kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro bertindak langsung sebagai Inspektur upacara.(*).

 

Penulis : Zulkifli