Bhabinkamtibmas: Kegiatan Yang Sederhana itu, Cukup berat Menjalankannya

oleh -61 views
Aiptu Tukiman Kanit Bhabinkamtibmas, Mapolsek Rajapolah. Konten Jabar / Anton

TASIKMALAYA – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), adalah petugas polri yang bertugas mengemban fungsi preventif di tingkat desa hingga kelurahan, yang sekaligus bermitra dengan masyarakat. Sedangkan, tugas utama Bhabinkamtibmas tersebut membantu tugas Kapolsek guna menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. ucap Aiptu Tukiman Kanit Bhabinkamtibmas, Mapolsek Rajapolah kepada Kontenjabar.com saat berada di Desa Manggungjaya, Rajapolah, Sabtu 25 Februari 2017.

Menurut Tukiman, Tugas utamanya sebagai Kanit Bhabinkamtibmas itu, yakni memberi masukan kepada anggota-anggota Bhabinkamtibmas, mengkoordinir anak buah, dan juga membantu tugas Bhahinkamtibmas.

Adapun Tukiman berujar, Program yang harus di jalankan yaitu harus bisa menguasai wilayah tugas, memberikan penyuluhan di bidang hukum kepada seluruh masyarakat, dan juga memberikan pembinaan tentang kenakalan remaja, seperti cara menggunakan kendaraan yang tertib, mengatasi terjadinya curanmor dan berandalan motor. Selain di masyarakat, kami juga melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah, sedangkan kegiatan rutinnya yakni di lakukan dalam kunjungan ke masyarakat  yaitu Datang, Duduk, Dengar, Dialog (4D) dan Catat (1C).

“Kegiatan yang terlihat sederhana itu, namun cukup berat dalam menjalankannya, karena terkait pendekatan dengan masyarakat yang berbeda-beda karakternya,” kata Tukiman.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga berperan untuk mendampingi permasalahan yang terjadi di masyarakat, yang sifatnya ringan dan bisa di rundingkan secara kekeluargaan, bentuk kerjasama pihak kami dengan desa-desa dan juga masyarakat, maka di bentuklah Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), kami berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa meneguhkan kesadaran hukum. Dan juga, mari kita sama-sama ciptakan masyarakat yang aman dan sejahtera, karena kami tidak akan berhasil tanpa adanya bantuan dan kerjasama dari masyarakat. tegasnya.

Sementara, Kaiswara Darmawan, Kepala Desa Manggungjaya, kecamatan Rajapolah tersebut mengatakan, Adanya Bhabinkamtibmas di desa di rasakan cukup membantu dalam menjaga keamanan di lingkungan, salah satu contoh keberhasilan program Bhabinkamtibmas yang sudah dapat di rasakan dari hasil penyuluhan dan pembinaan, yakni menurunnya tindak kriminalitas dan juga angka kecelakaan berkurang, serta situasi keamanan lingkungan semakin kondusif akibat adanya kesadaran hukum di masyarakat yang semakin meningkat.

Bhabinkamtibmas juga kata Kais, Ikut membantu menjalankan berbagai program pemerintah dengan programnya yaitu “Desa Siaga”, bahkan hingga di tingkat masing-masing ke Rwan. (Anton)

Editor : Deni