Buah Tim Kereatif, PKH Shop X Panumbangan Diresmikan

oleh -112 views

CiAMIS – Camat Panumbangan, Asep Khalid Fajari berkesempatan melakukan Gunting Pita sebagai tanda lonching atau diresmikannya PKH Shop di Kecamatan Panumbangan.

Dalam sambutannya, Camat berharap adanya PKH Shop di wilayahnya bisa menjadi alternatif peningkatan ekonomi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di saat pademi covid19 “KPM dengan peranserta sosial mengentaskan kemiskinan, PKH Shop merupakan salahsatu wujud dari program pemberdayaan” ujarnya di PKH Shop yang beralamat di Komplek Pertokoan Lapang Sepakbola Desa Sukakerta, kamis (12/8/2021).

Menurutnya, nantinya seiring perjalan PKH Shop bisa mampu mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi disektor perdagangan tentunya akan membuat graduasi mandiri angkanya bisa bertambah, dan terjadi pengurangan jumlah KPM.

Camat pun mengucapkan terimakasih kepada para tenaga Pendamping Sosial PKH ujarnya membantu penyampaian informasi program pemerintah dalam hal pemberdayaan “Semoga terus bisa berkiprah, memberikan motifasi untuk hal positif, tidak lupa terimakasih dihaturkan kepada Baznas Kabupaten Ciamis dengan sinergitasnya untuk keberkahan” Kata Asep Khalid F.

Kinkin Mutakin perwakilan Baznas Kabupaten Ciamis mengharapkan PKH Shop jadi ibroh “Para KPM kedepan jadi pemberi manfaat bukan penerima manfaat bantuan” katanya.

Lanjutnya, Panumbangan Kecamatan Agnia cermin akan mampu menggradualisasikan PKH. Ia pun memberikan apresiasi kepada para Pendamping dan KPM atas keseriusan PKH Shopnya.

Kinkin menegaskan setimulus keikhlasan akan jadi tolak ukur kesemangatannya para pengelola PKH Shop “Mari kita gelorakan mengedukasi masyarakat melalui PKH untuk masyarakat menyalurkan infak zakat melalui baznas” pungkasnya.

Acara peresmian yang berlangsung singkat namun khidmat dengan penerapan prokes juga dihadiri para Kades se Kecamatan Panumbangan, para KPM, Tenaga Pemdamping Sosial PKH, dan jajaran Dinas Sosial Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya Kadissos, H Hendra memberikan pesan semangat karena diawal bukanya pasti sepi makanya para pengelola dituntut tangguh “Para Pendamping, Saya minta agar bisa memberikan pendampingan yang kontinyu. Tempat usaha PKH Shop, anggota KPM PKH bisa berusaha berdagang walaupun sudah graduasi (keluar)” ujarnya.

“PKH Shop adalah bukti motekar (inovasi. Red) dari Ciamis buah karya Tim Kreatif, yang di Kecamatan Panumbangan ini merupakan yang ke X (sepuluh) di Kabupaten Ciamis” kata Kadissos, agar PKH Shop X bisa berjalan ia mengiharapkan dukungan dari pemerintahan desa, kecamatan untuk masyarakat bisa meningkatkan pemberdayaannya.

Sementara itu, koordinator PKH Kecamatan Panumbangan Muhammad Gojali menjelaskan PKH Shop merupakan program dibidang perdagangan yaitu dengan Pengelompokan KPM PKH yang suka berdagang sesuai jenis komodity, pelatihan produksi, pengemasan, dan pemasaran produk.

“PKH Shop yang ke X di Panumbangan diharapkan bisa menjadi salahsatu solusi mewujudkan tujuan PKH, yaitu memutus matarantai kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan KPM jadi lebih baik, serta mencapai graduasi sejahtera” pungkas Muhammad Gojali.

Editor : Abraham