Karang Taruna Angga Jaya Desa Calingcing Gelar Turnamen Badminton Kades Open

oleh -147 views
Maman Rustaman S. Hi, Kepala Desa Calingcing, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, saat memegang Piala Kades Open, yang diperebutkan dalam turnamen badminton yang digelar Pemerintah Desa Calingcing bersama Karang Taruna Angga Jaya. Foto : MN Fauzi

TASIKMALAYA – Pemerintah Desa (Pemdes) bekerjasama dengan Karang Taruna Angga Jaya, Desa Calingcing, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, gelar turnamen Badminton bertajuk “Kades Open”. Kegiatan turnamen badminton yang digelar di Gedung olahraga (Gor) Desa Calingcing tersebut, selain dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Rebuplik Indonesia (RI) ke 73, juga untuk menggali potensi dan minat bakat para pemuda khususnya di Desa Calingcing terhadap jenis olahraga.

Turnamen tersebut yang memperebutkan Piala tetap Kepala Desa Calingcing, Maman Rustaman S. Hi, digelar dari tanggal 26 Juli hingga 15 Agustus 2018, dengan diikuti oleh sekitar 100 orang peserta terbagi dalam 12 grup ganda putra. Juara pertama (1) berhasil di raih oleh pasangan Marwan Fauzi – Kurniawan, sementara juara ke II oleh pasangan Iwan Hermawan Fauzi – Nandang Kurnaedi, dan juara ke III oleh pasangan Dian Nurdiansyah – Enjang Zaenal Abidin, serta juara ke IV di raih oleh pasangan Yadi Suryadi – Ujang Dian.

Selain untuk menggali potensi dan minat bakat para pemuda dalam olahraga badminton melalui turnamen Kades Open, Pemerintah Desa juga mengadakan krgiatan lintas alam dengan rute hutan lindung Gunung Boer, untuk memperkenalkan dan menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap alam yang ada di wilayah Desa Calingcing.

Maman Rustaman S. Hi, Kepala Desa Calingcing tersebut mengatakan, turnamen badminton seperti ini sering di laksanakan setiap tiga bulan sekali, namun resminya pada setiap menjelang HUT RI sperti ke 73 ini, dengan mengadakan turnamen badminton Kades Open. Hal tersebut bertujuan untuk menggali potensi minat bakat para pemuda sewilayah Desa Calingcing dalam bidang olahraga badminton.

“Alhamdulillah berbagai turnamen semua telah di laksanakan, antusias dari para pemuda khususnya di bidang olahraga badminton juga cukup tinggi, hal itu terbukti dengan bayaknya peserta yang mendaftar. Meskipun tidak 100 persen sesuai dengan harapanya, turnamen Kades Open ini berhasil di ikuti oleh sekitar 100 peserta, hal tersebut menunjukan antusias para pemuda untuk memajukan potensi di bidang olahraga badminton,” kata Maman, saat dikunjungi Kontenindonesia.com diruang kerjanya pada saat kegiatan lomba lintas alam. Kamis, 16/08/2018 siang.

Maman juga mengatakan, lomba lintas alam dengan rute hutan lindung Gunung Boer, selain olahraga, adventure dan petualangan, juga bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat khususnya para peserta yang mengikuti kegiatan yang sebayak kurang lebih 200 orang, terdiri dari anak-anak, pemuda dan orang tua, untuk lebih mengenal alam. Sehingga para peserta di beri pertanyaan-pertanyaan yang ada di seputaran wilayah Desa Calingcing agar mereka tidak asing lagi, agar kedepanya jika sudah mengenal hal-hal itu, bisa tumbuh rasa sayang untuk merawat dan memelihara hutannya.

“Semoga dengan di selenggarakanya turnamen Kades Open, lintas alam dan kegiatan lomba-lomba lainya. Para pemuda bisa lebih menjalin kebersamaan dan tali persaudaraan. Sehingga bisa terbentuknya jiwa nasionalisme yang dibutuhkan bangsa dan negara, terutama bagi wilayah Desa Calingcing sendiri, untuk bersama-sama membangun desa,” katanya.

 

Penulis : MN Fauzi