Peduli Lingkungan, HLI Buat Sumur Resapan dan Tanam Pohon

oleh -101 views
Foto: Hijau Lestari Indonesia

JAKARTA – Sebagai bentuk baktinya kepada masyarakat sesuai dengan tujuan pembentukannya, Hijau Lestari Indonesia (HLI), sabtu 6/10/2018 melakukan gerakan di Jakarta Timur tepatnya di Yayasan Islam Al Arsyad Masthuriah dan lingkungan sekitar kampung pulo kambing kelurahan Jatinegara kecamatan Cakung dengan membuat sumur resapan (biopori) dan penanaman pohon (reboisasi).

“Ya kami dari HLI hari ini membuat sejumlah sumur resapan dengan jumlah total  25 sumur, yakni 13 di sekitar sekolah Taman kanak-kanak Yayasan Islam Al Arsyad Masthuriah dan 12 di lingkungan masyarakat sekitar di RT 003 RW 02,” terang Ketua HLI wilayah DKI Jakarta, Mardiyanto.

Selain sebagai program kegiatan HLI terhadap lingkungan, Mardiyanto juga mengatakan jika hal ini dilakukan sebagai pembelajaran.

“Tujuan utama adalah pembelajaran bagi kita semua, sekaligus mengajak warga untuk mengetahui  tentang pentingnya kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan atau alam”, jelasnya.

Pembuatan sumur resapan (biopori) oleh HLI, di sekolah Taman kanak-kanak  (TK) Yayasan Islam Al Arsyad Masthuriah dan lingkungan masyarakat sekitar di RT 003 RW 02, kampung pulo kambing, kelurahan Jatinegara, kecamatan Cakung, Jakarta timur, sabtu 6/10/2018. Foto: Hijau Lestari Indonesia 

Dengan kehadiran HLI membuat sumur resapan dan menanam pohon dilingkungannya,  masyarakat mengatakan jika kegiatan tersebut perlu untuk kemudian hari juga mereka lakukan.

“Kalau hujan kan air harus menyerap ke tanah agar tidak banjir, pohon juga kan untuk udara biar jadi segar dan sejuk. Ya terima kasih buat HLI yang sudah hadir di kampung kami dengan membuat sumur resapan, ini sekaligus pelajaran buat kami. Insya Allah akan kami jaga juga alam di lingkungan kami, biar enak dan nyaman suasananya,” ungkap Warga.

Selain warga kampung sekitar, terlihat juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Yayasan Peduli Hijau Lestari Indonesia, Boy Junafiah, dan Ketua HLI Pusat, Jon Efendi.

Penulis: M. Dofir Ibrahim
Sumber: HLI