Peringati Hari HTS 2021 Pemkab Jember Launching Situs PPID Untuk Tranparansi Informasi

oleh -321 views

JEMBER – Keterbukaan informasi adalah salah satu pilar penting yang akan mendorong terciptanya iklim transparansi, terlebih di era yang serba transparan kini. Untuk trasfaransi atas keinginan masyarakat untuk memperoleh informasi semakin tinggi, pada peringatan Hari Hak Tahu Sedunia (HTS) 2021 pemkab Jember lounching situs PPID.

Situs resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) jember yang bisa diakses untuk semua masyarakat ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto diluncurkan untuk keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

“Wes wahaye Jember Transparan, keterbukaan informasi itu wajib kita berikan kepada masyarakat,” kata Hendy pada sambutan acara peringatan HHT 2021 Tingkat Kabupaten Jember.

kedepannya situs PPID diharapkan bisa menjadi sistem pengarsipan yang bisa diakses secara terbuka oleh masyarakat Jember, “Kepada masyarakat jika ingin mencari informasi terkait pemerintahan silahkan langsung tanya kepada kami dan seluruh OPD yang ada, jangan menyebarkan berita hoax yang belum tentu kebenarannya, dan kami siap di tanya secara langsung,” kata Bupati.

Seluruh OPD pada kesempatan itu dihimbau untuk tetap transparan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dan jurnalis karena itu merupakan hak yang sudah diatur oleh undang-undang.

“Kita harus mengejar ketertinggalan ini dengan cepat, karena beberapa dinas di Pemkab Jember masih menggunakan sistem konvensional, saat ada pertanyaan dari masyarakat ataupun audit dari pusat kami sudah bisa memberikan datanya secara cepat,” jelasnya.

Bupati Hendy mengajak masyarakat mengakses situs resmi PPID Jember di https://ppid.jemberkab.go.id/ dan
ikut mengawasi kinerja Pemkab Jember.

Kontibutor : Anjasmara
Editor         : Abraham