Polda Jabar Rencanakan Penanaman Pohon Serentak, Guna Kehijauan Gunung

oleh -89 views
Keterangan foto : Konten Jabar / Edi Wahyudi
Keterangan foto : Konten Jabar / Edi Wahyudi

SUMEDANG – Dalam ajang Hari Ibu, Polda Jawa Barat (Jabar) ungkapkan rencananya untuk menyelenggarakan Penanaman Pohon Serentak di Kampung Cijambu, Desa KadakaJaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Penanaman pohon serentak tersebut yang bekerjasama antara Polda Jabar dengan WANAPALA Jatinangor Sumedang dan juga Sanggar Surya Kencana Bakti Pertiwi, rencananya akan dilaksanakan 22 Desember 2016 mendatang.

Agenda pertemuan yang di gagas Ketua Hari Kehutanan Dunia Rachmat Hidayat, Edi Wahyudi dan A M Farid serta Kompol Ade Suryana dan Kompol H Rahmat Dasep selaku Humas Pengumpul Informasi data Polda Jabar, berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan atas kemitraan yang berkelanjutan, demi terciptanya gunung yang tetap dengan kehijauannya.

Rencana tersebut yang akan dilaksanakan 22 Desember 2016 dua pekan mendatang itu, bertema “Leuweung Jawa Barat Hejo” dan berlatar belakang dari banyaknya Gunung Kritis.

Menurut Humas Pengumpul Informasi Data Polda Jabar tersebut sekilas menjelaskan, Bahwa di wilayah hutan juga terdapat berbagai makhluk hidup yang berkembang biak di dalamnya, termasuk air, tumbuhan dan hewan, yang sangat perlu sekali di pelihara dengan baik.

Karena itu menurut Ia, Akibat ulah sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab, fungsi hutan sebagai paru-paru dunia seakan menipis. Dengan banyaknya pembukaan area hutan, penebangan liar, bahkan pembabatan hutan untuk lahan pertanian dan segala kegiatan produksi komersial lainnya, termasuk juga pemburuan hewan-hewan liar yang hidup di hutan banyak juga di lakukan manusia secara besar-besaran.

Sehingga, Dari tahun ke tahun kegiatan tidak bertanggung jawab itu terus berlangsung, sampai akhirnya berakibat adanya pemanasan global, seperti bencana alam, longsor, banjir, dan lainnya melanda.

Dengan Gotong Royong Penanaman serentak ini dikatakan Ia, Adalah wujud dan bukti adanya kepedulian terhadap lingkungan. Hal tersebu tidak terlepas dari kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Dinas Kehutanan, Media, Polisi, Dan Tokoh Masyarakat, sebagai salah satu penunjang terlaksanannya penyelenggraan rencana tersebut, agar mampu mendongkrak kesadaran masyarakat dalam penanaman pohon diberbagai sudut wilayah khususnya Sumedang. (Edi Wahyudi)

Editor : Deni