Rawan Tawuran Antar Kampung, Malam Tahun Baru Polres Tasikmalaya Siagakan 600 Personel Gabungan

oleh -59 views
Kapolres Tasikmalaya, AKBP Arif Fajrudin. SIK Konten Jabar/Foto Istimewa.
Kapolres Tasikmalaya, AKBP Arif Fajarudin.SIK Konten Jabar/Foto Istimewa.

TASIKMALAYA – Tak mau kecolongan dengan rawannya tingkat keamanan menjelang malam pergantian tahun, Polres Tasikmalaya Kota menyiagakan sekitar 600 personel guna mengamankan momen perayaan tahun baru pada 31 Desember nanti. Berdasarkan evaluasi kepolisian, potensi perkelahian antar kampung terbilang cukup tinggi di kota santri ini.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKPB Arif Fajarudin mengatakan, potensi ancaman keamanan cenderung beragam dari mulai perkelahian, pencopetan, hingga aksi terorisme. Namun lewat analisanya, potensi perkelahian terbilang besar pada acara-acara digelarnya konser musik.

“Saat perayaan tahun baru memang akan ada panggung musik di Lapangan Dadaha dan Jalan KHZ Mustofa. Penebalan keamanan akan ditingkatkan pada area paling rawan yaitu di jalur KH Zaenal Mustofa, karena ada perayaaan pembukaan taman kota dan musik di Dadaha. Yang perlu diwaspadai berandalan bermotor dan perkelahian antar kampung, banyak kasusnya akibat konser musik,” katanya, Kamis 29 Desember 2016.

Guna mencegah gangguan keamanan selama perayaan tahun baru tersebut, Kapolres mengatakan, akan menyiapkan tim sweeping yang nantinya tim ini bertugas secara mobile mengawasi titik kumpul masyarakat, khususnya warga yang tengah ‘nongkrong’.

“Ada tim sweeping gabungan dari personel reskrim, mereka nanti patroli berandalan bermotor ke titik kumpulnya supaya masyarakat aman,” ujarnya.

Adapun mengenai potensi serangan teroris, ia menyiagakan posko-posko pengamanan di titik rawan seperti gereja dan pusat keramaian masyarakat. Personel polisi pun akan dibekali persenjataan lengkap.

“Penempatan personel dengan senjata lengkap di posko, termasuk pengamanan di gereja. Kalau di kota, pusatnya 18 kegiatan masyarakat seperti kegiatan penyalaan kembang api dan musik,” jelasnya.***

Editor : Hens Pradhana