Resepsi HUT Kemerdekaan RI Ke 73, Tingkatkan Daya Juang Terhadap Bangsa

oleh -60 views
H. Maman Suherman S. Ag. MP, Camat Cisayong (kiri depan), bersama AKP. Gunarto, Kapolsek Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, saat berfoto bersama dengan jajaran Paskibra dari SMK Pindad. Sabtu, 25/08/2018. Foto : MN Fauzi 

TASIKMALAYA – Setelah sebelumnya menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba tingkat desa se-wilayah kecamatan. Pemerintah Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), kembali gelar resepsi Hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73, bertempat di ruangan alula Kecamatan tersebut. Sabtu, 25/08/2018.

“Dengan memperingati HUT kemerdekaan RI, semoga kita bisa lebih meningkatkan rasa cinta dan daya juang pada tanah air, bangsa dan negara. Lebih bisa mempersatukan lagi jiwa dan segenap raga guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.” ungkap, Dedi Herniawan SE, Sekmat Cisayong yang sekaligus ketua panitia penyelenggara kegiatan tersebut, dalam sambutanya dipodium acara.

Sementara itu, H. Maman Suherman S. Ag. MP, Camat Cisayong menyampaikan, terimakasih yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 yang sangat meriah ini, setelah Saya pantau bahkan hingga ke peloksok wilayah di Kecamatan Cisayong ini, masih kebagian iring-iringan. Tidak lupa juga Saya mengucapkan terimakasih, khususnya kepada para Tokoh Agama dan Masyarakat, yang dalam rangka memakmurkan dan memeriahkan acaranya lebih dari biasanya.

“Konsep yang dilancarkan oleh Kecamatan Cisayong wabil khusus para Panitia, Kepala Desa, Kepala UPTD, PKK dan semua yang terlibat dan ikut memakmurkan dan memeriahkan HUT RI. Hal tersebut perlu kita ketahui dan juga digaris bawahi, bahwa semua kegiatan harus di ketahui oleh anak-anak kita, regenerasi kita, yang pada akhirnya mampu dan bisa serta mengetahui apa langkah-langkah perjuangan Negara Republik Indonesia (NKRI).” tambah H. Maman.

H. Maman, juga mengatakan, kita hanya memeriahkan mengisi kemerdekaanya, sementara para pendahulu kita yang sudah gugur dalam perjuanganya, mungkin sangat pedih yang tiada tara. Bahwa kemerdekaan ini bukan hasil diberi ataupun sebuah kado dari penjajah. Katanya.

Untuk diketahui, Camat Cisayong, H. Maman Suherman S. Ag. MP, dan Kapolsek Cisayong AKP. Gunarto, selanjutnya memberikan piagam penghargaan kepada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang melaksanakannya pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, yakni dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Pindad) yang mempunyai pelatih paskibranya, yakni Kanit Binmas, Aiptu. Suharsoyo dan Guru dari SMK Pindad. Selain itu, juga adanya penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada para juara lomba.

Berikut yang berhasil memenangkan juara perlombaan.

Lomba kosidah : Juara I di raih oleh grup kosidah dari Desa Mekarwangi. Juara ke II Desa Santanamekar. Juara ke III Desa Sukamukti, dan Juara harapan ke I Desa Sukaraharja. Juara harapan ke II Desa Cikadu, dan juara harapan ke III Desa Jatihurip.

Lomba marawis : Juara I di raih oleh grup mawawis MTS Fadris. Juara ke II Popes Nurul Huda. Juara ke III MD Miftahul Hasanah. Juara harapan I SMP Negri Cisayong (A), Juara harapan II SMP Negri Cisayong (B), dan Juara harapan III SMP Yapida.

Lomba Kampung KB : Juara ke I Desa Cileuleus. Juara II Desa Sukamukti. Juara III Desa Purwasari. Juara harapan I Desa Nusawangi, juara harapan II Desa Jatihurip, dan juara harapan III Desa Cikadu.

Pawai pembangunan/karnaval : Juara ke I Desa Santanamekar. Juara ke II Desa Cisayong. Juara ke III Desa Sukajadi. Juara harapan I Desa Cikadu, Juara harapan II Desa Purwasari, dan Juara harapan ke III Desa Sukasukur.

Lomba tumpeng : Juara ke I Desa Cikadu. Juara ke II Desa Mekarwangi. Juara ke III Desa Cileuleus. Juara harapan I Desa Sukajadi, Juara harapan II Desa Sukasetia, dan Juara harapan ke III Desa Sukasukur.

Kemudian, Juara lomba gapura yang diselenggarakan oleh Polres Tasikmalaya Kota : Juara I Desa Cikadu, di terima oleh Kepala Desa Cikadu, Dendi Heriawan. Juara II Desa Purwasari, di terima oleh Kepala Desa Purwasari, Supendi Supriyadi.

Dalam Lomba Gapura tersebut, khususnya untuk pemenang Juara ke I, akan diikut sertakan pada kejuaran Lomba Gapura tingkat Polda Jabar.

 

Penulis : MN Fauzi
Editor   : Deni