Resmikan Lembur Tohaga di Desa Batulawang, Kapolres dan Walikota Banjar Cek Kesiapsiagaan

oleh -41 views
Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih M.Si berdampingan bersama Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banjar AKBP Melda Yanny S.I.K, M.H, saat mengedukasi masyarakat bidang Protokol Kesehatan di lokasi acara peresmian. Selasa 17/11/2020. Foto : Irwan Hermansyah

BANJAR – Pesmian Lembur Tohaga Lodaya, yang bertempat di Dusun Cimanggu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat (Jabar), diresmikan Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih M.Si bersama Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banjar AKBP Melda Yanny S.I.K, M.H, Selasa 17/11/2020.

Dalam kegiatan yang sekaligus kunjungan itu, Kapolres Banjar bersama Walikota Banjar tampak mengecek kondisi aktifitas berikut kegiatan Lembur Tohaga Lodaya.
Dari mulai kesiapsiagaan kelompok, anggota dan masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19 saat ini.

Selain itu, bagaimana kondisi dilapangan dan juga kegiatan apa saja yang dilakukan oleh masyarakat di Lembur Tohaga serta apa saja hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam meningkatkan ketahanan pangan, ekonomi dan sumber daya manusia.

Berikut beberapa aspek Lembur Tohaga Lodaya Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar :
1. Pengecekan Kelompok Ikan Mina Cimanggu di Dusun Cimanggu RT 08/02 Desa Batulawang.
2. Pengecekan rencana pengembangan Ternak Sapi di Dusun Cimanggu RT. 05/02 Desa Batulawang.
3. Pengecekan Kelompok Ikan Bioplok Mina Cimanggu Dusun Cimanggu RT. 06/02 Desa Batulawang.
4. Pengecekan Kelompok Wanita Tani Tumbuh Berkah di Dusun Cimanggu RT. 07/02 Desa Batulawang.
5. Bidang Kesehatan, Puskesdes, Posyandu, RW Siaga dan Posko Covid 19
6. Bidang Keamanan, Poskamling, FKPM, Linmas.
7. Pusat Informasi Sistem Informasi Desa (SID) Desa Mulyasari.

Pada kesempatan itu, Walikota Banjar dan Kapolres Banjar bersama-sama mengecek aspek bidang ekonomi pertanian, Perternakan, Perikanan, keagamaan, kesehatan, keamanan dan pusat informasi Desa.

Untuk diketahui, Lembur Tohaga Lodaya merupakan program dimana masyarakat bisa gotong royong dan mandiri dalam menghadapi Pandemi Covid-19 serta penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal, dengan memaksimalkan Protokol Kesehatan, yakni Tohaga Jasmani dan Rohani, Tohaga sosial ekonomi, tohaga Keamanan, Tohaga kesehatan yang terutama Tohaga ekonomi saat ini, yang sangat terpengaruh akibat pandemi Covid-19. Pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, Kasat Pol PP, Kadishub Kota Banjar, OPD Pemkot Banjar, Kasat Binmas, Kapolsek Pataruman, Danramil Langensari, Camat Pataruman, Kades Batulawang, BPD Desa Batulwang, Kader PKK Desa Batulwang, ADM PTPN VIII Batulawang, Bhabinkamtibmas/ Bhabinsa/Bina Desa, karang taruna Bina karya serta Warga masyarakat sekitar.

Reporter : Irwan Hermansyah
Editor      : Deni