Rumah Adat Kasepuhan Cibadak Jadi Tempat Launching Kampung Literasi TBM Kuli Maca

oleh -193 views
Tampak sejumlah pihak terkait pasca pembukaan acara Kampung Literasi TBM Kuli Maca Desa Warungbanten, di Rumah Adat Kasepuhan Cibadak, Desa Warungbanten, Kecamtan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Sabtu, 29/06/2019. Foto : Supriyanto

KAB LEBAK – Launching Kampung Literasi Tempat Belajar Mengajar (TBM) dalam hal Kuli Maca Desa Warungbanten, digelar dilingkungan Rumah Adat Kasepuhan Cibadak di Kampung Cibadak, Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Sabtu, 29/06/2019.

Acara yang dimulai dari jam 09.00 – 16.00 WIB dan menggelar pentas seni lokal Cibadak, yakni seni Gegendek, Angklung Buhun dan Rengkong itu, selain dihadiri Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan sejumlah masyarakat setempat, juga di hadiri oleh para pegiat literasi dari total 24 provinsi.

Pantauan Kontenindonesia.com dilokasi acara tersebut, tampak hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Haji Asep Komar Hidayat, Kapolsek Cibeber, Aam Marto dan juga Kepala UPT Pendidikan Cibeber, Kusnadi.

Kepala Desa Warunbanten, Ruhandi mengatakan, dalam acara saat ini, Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat setempat, para peserta literasi dan para tamu undangan yang sudah bisa membantu hingga terlaksananya acara ini.

“Rasa Syukur yang tidak terhingga, terima kasih juga kepada pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan dijadikannya Desa Warungbanten ini menjadi kampung literasi.” ungkap Ruhandi, saat menyampaikan sambutannya di podium acara.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Haji Asep Komar Hidayat yang sekaligus mewakili Bupati Kabupaten Lebak menyampaikan, di daerah sini terlihat masih perawan, daerah ini perlu di bangun untuk bersaing dibidang pariwisata. Agar diketahui semuanya, dana yang di keluarkan untuk kegiatan literasi ini Rp. 100 juta, tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan manfaatnya.

“Kampung literasi harus bersih, aman dan juga di pastikan disetiap rumah harus selalu Ada buku, tugas berat buat kepala desa untuk liter yang artinya harus bergenerasi lebih baik di masa depan. Saya sangat bersyukur kampung ini menjadi kampung literasi.” pungkas Asep, dalam sambutannya dipodium.

Sementara itu, Kapolsek Cibeber, Aam Marto menyampaikan, Saya sangat merasa syukur dan juga mengapresiasi para pegiat literasi. Selain itu, Saya juga berharap agar para pegiat atau pendamping literasi TBM Kuli Maca Desa Warungbanten, bisa lebih maju lagi dan bisa memotivasi para generasi muda untuk mengembangkan literasi di daerah-daerah lainnya. Pungkas Aam.

Untuk diketahui, Asep Komar Hidayat sempat memberikan uang tif kepada sejumlah anak-anak yang mengaji, yang menurutnya agar bisa meningkatkan motipasi. Acara di tutup denga pemukulan goong oleh Pupuhu kampung Olot Dalim.

 

Penulis : Supriyanto
Editor   : Deni