Tuntut Kapolda Dicopot, Habib Rizieq Bawa 5000 Anggota ke Mabes Polri

oleh -74 views
sekitar 5000 massa FPI mulai bergerak menuju Mabes Polri. Konten Jabar/Foto Istimewa

JAKARTA – Sekitar Lima Ribu anggota Front Pembela Islam (FPI) sejak subuh tadi sudah berada di halaman Masjid Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rencananya, selepas salat duha atau sekitar pukul 10.30 WIB massa FPI akan bergerak menuju Mabes Polri. Imam besar FPI Habib Rizieq, kembali menjadi komando pergerakan massa ini.

Dari atas mobil, Habib Rizieq menginstruksikan kepada massa agar tidak menghalangi mobil yang akan bergerak. Seketika itu pun mobil komando yang ditumpangi Habib Rizieq mulai bergerak. Lantunan salawat serta takbir mengiringi massa FPI yang juga mulai melakukan long march dari masjid Al-Azhar menuju Mabes Polri.

“Untuk jemaah yang ada di depan, tolong kasih jalan. Biar mobil komando bisa jalan di barisan paling depan,” kata Habib Rizieq melalui pengeras suara.

Massa Front Pembela Islam (FPI) ini kembali menggelar aksi yang bertajuk 161. Berbeda dengan aksi sebelumnya, unjuk rasa kali ini menuntut Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan.

Sekretaris Jenderal Dewan Syuro DPD FPI Jakarta Novel Chaidir Hasan Bamukmin mengatakan, FPI menilai Kapolda Jabar telah memprovokasi Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) untuk menyerang anggota ormasnya. Ia menyebut status Anton sebagai anggota dewan pembina GMBI merupakan dasar sikap Anton tersebut.

“Kami akan aksi damai ke Mabes Polri karena Kapolda Jabar telah melakukan provokasi. Dia juga pembina GMBI, ormas preman pembuat resah masyarakat,” kata Novel.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan kemarin mengatakan, lembaganya telah menerima laporan rencana unjuk rasa FPI tersebut. Merujuk laporan yang diserahkan FPI, Iriawan berkata, setidaknya lima ribu anggota FPI akan mengikuti unjuk rasa itu. Namun, Iriawan meragukan jumlah tersebut.

“Belum tentu besar, yang jelas kami akan amankan. Kami akan layani FPI yang mau unjuk rasa. Kami akomodasi mereka yang mau menyampaikan aspirasi,” kata Iriawan.

Iriawan mengatakan, unjuk rasa FPI akan melibatkan Habib Muhsin bin Ahmad Alattas, sosok yang disebut FPI sebagai imam besar lembaga mereka. Juru Bicara FPI Munarman juga tercatat pada surat pemberitahuan yang diserahkan FPI ke kepolisian.***

Editor : Hens Pradhana