Tuntut Kapolda Jabar Dipecat, Besok FPI Kembali Akan Menggelar Aksi Bertajuk 161.

oleh -52 views
Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan. Konten Jabar/Foto Hens Pradhana

JAKARTA – Front Pembela Islam (FPI) kembali akan menggelar demonstrasi lagi. Kali ini mereka akan menggelar aksi bertajuk 161 di depan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Senin 16 Januari 2017 besok. Untuk menuntut Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan dicopot dari jabatannya.

“Kita akan melaksanakan agenda menuntut Kapolri untuk mencopot Kapolda Jawa Barat,” kata Panglima FPI Maman Suryadi Abdurrahman.

Massa FPI dan secara umum massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, rencananya akan berkumpul di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terlebih dahulu. Mereka berkumpul di titik itu pada pukul 07.30 WIB untuk menunaikan salat dhuha pukul 08.00 WIB dan mendengarkan tausiyah.

“Setelah itu, kita long march (jalan bersama) ke Mabes Polri,” kata Maman.

Mabes Polri yang berlokasi di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, memang tak jauh dari Masjid Al Azhar. Mereka akan menyampaikan tuntutannya kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian agar mencopot Anton dari jabatan Kapolda Jawa Barat. Kapolri Jenderal Tito Karnavian sendiri, besok memiliki agenda di luar Mabes Polri besok, yakni rapat bersama TNI.

Sebagaimana diketahui, FPI keberatan Kapolda menjadi Ketua Dewan Pembina Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Belakangan, FPI dan GMBI memang terlibat konflik, yakni setelah pemeriksaan Imam Besar FPI Habib Rizieq di Markas Polda Jawa Barat pada Kamis 12 Januari 2017 kemarin.

Dibeberapa daerah, sejumlah Sekretariat GMBI dirusak dan dibakar masa, upaya saling tuding pun berhembus mengenai siapa yang bertanggung jawab dalam aksi pengrusakan itu, di Bogor 12 orang ditahan karena diduga menjadi pelaku pembakaran maskas LSM yang di bina Kapolda Jabar tersebut.***

Editor : Hens Pradhana