Wisata Alam Pasir Kirisik Jadi Ajang Perkasa Siswa Baru SMAN 4 Tasikmalaya

oleh -404 views
Ratusan siswa-siswi SMAN 4 Tasikmalaya, saat menunggu berjalannya kegiatan upacara Api Unggun, dengan melakukan berbagai kegiatan di ruangan Aula Wisata Alam Pasir Kirisik. Rabu 24/07/2019 malam. Foto : Deni

TASIKMALAYA – Sebanyak 325 orang siswa-siswi Kelas 10 yang merupakan siswa baru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 4) Tasikmalaya, Jawa Barat, gelar Perkemahan Atar Sangga (Perkasa) atau yang akrab disebut Kemah, dilokasi lingkungan tempat Wisata Alam Pasir Kirisik, termasuk Desa Guranteng, Kecamtan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya. Rabu 24/07/2019 malam.

Agenda Perkasa atau Kemah yang merupakan salah satu program pendidikan awal dalam rangka masuk sekolah yang digelar sekolah SMAN 4 tersebut, tampak meramaikan suasana malam hari dilokasi Wisata Alam Pasir Kirisik. Sejumlah program acara yang sengaja disusun pihak sekolah melalui siswa siswinya terlihat menghangatkan 24 Tenda dan Ruang Aula tempat wisata alam tersebut.

Tampak lokasi yang terisi sejumlah tenda yang sudah dipersiapkan bagi siswa-siswi SMAN 4 Tasikmalaya. Foto : Deni

Kepala Sekolah SMAN 4 Tasikmalaya, Dra. Elin Yuliani M. Pd mengatakan, program Perkemahan Atar Sangga (Perkasa) atau Kemah seperti yang digelar saat ini di lingkungan tempat Wisata Alam Pasir Kirisik ini, program kegiatannya sengaja diberikan pihak sekolah SMAN 4 Tasikmalaya kepada semua siswa siswi kelas 10 atau disebut siswa baru. Dan juga dari awal hingga akhir kegiatannya sudah terjadwalkan agar bisa diketahui oleh para orang tua siswa-siswinya masing-masing, bahwa anak-anaknya yang saat ini sudah menjadi anak didik kami (pihak sekolah) mengikuti kegiatan ini.

“Intinya program atau kegiatan Perkasa ini adalah menyangkut salah satu Ekskul wajib Pramuka di sekolah, makanya surat pemberitahuan perizinan dari para orang tua siswa-siswi masing-masing terkait mengikuti kegiatan ini juga ada, di samping Saya juga ada para pembina putra-putrinya. Degiatan kegiatan ini, minimal siswa-siswi semuanya bisa adaptasi dan saling mengenal satu sama lainnya. Meski mungkin di tingkat SD dan SMP juga sudah diajarkan, namun tidak menutup kemungkin jika di tingkat SMAN 4 ini ada sedikit perubahan tujuannya.” kata Elin Yuliani, saat di wawancara Kontenindonesia.com di Villa Pasir Kirisik, Rabu 24/07/2019 malam.

Elin berujar, selain untuk mengenalkan siswa-siswi satu sama lainnya, kegiatan kepramukaan ini juga sebagai upaya mengenalkan siswa-siswi semuanya terhadap lingkungan alam, makanya kami sengaja memilih lokasi di tempat Wisata Alam Pasir Kirisik ini untuk menggelar kegiatan Perkasanya, karena dilingkungan sekolah SMAN 4 Tasikmalaya sendiri tidak ada tempatnya untuk menggelar kegiatan Perkasa. Total siswa baru semuanya ada mengikuti kegiatan disini, terkecuali siswa-siswi yang memberikan surat keterangan sakit atau tidak sehat dari dokter dan orang tuanya sudah menghadap, itu tidak bisa dipaksakan.

“Dengan berbagai hasil pertimbangan para anak-anak OSIS Eskul yang sudah melakukan survei ke lokasi tempat Wisata Alam Pasir Kirisik ini, maka wahana wisata ini layak untuk digunakan kegiatan Perkasa. Pada kegiatan ini kami mengajarkan banyak hal selain kegiatan inti dari kepramukaan, ada upacara Api Unggun dan juga kegiatan-kegiatan Osis didalamnya. Intinya lebih cenderung mempersatukan tali silaturahmi antar siswa-siswi dengan teman-teman barunya, berikut acara tasyakur binikmat.” kata Elin.

Bagian Kesiswaan sekolah tersebut, Yanto juga mengungkapkan, digelarnya program Perkemahan Atar Sangga (Perkasa) atau Kemah siswa siswi SMAN 4 Tasikmalaya dilokasi tempat Wisata Pasir Kirisik ini, yakni setelah sebelumnya pihak sekolah beberapa kali mencari tempat ditempat-tempat lain yang ternyata sudah penuh dan tidak ada juga yang cocok. Total siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 325 siswa, yakni 189 siswi dan 136 siswa dengan total 14 tenda siswi, 10 tenda siswa dan 2 tenda besar panitia.

“Biasanya kita gelar Perkasa itu di Mangunreja, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, karena tempatnya sudah ada yang memakai dan tidak ada tempat lagi yang cocok, akhirnya atas persetujuan banyak pihak acaranya digelar di tempat Wisata Alam Pasir Kirisik ini. Disini lumayan komplit fasilitasnya, tenda juga ada di tempat ini, jadi pihak sekolah enak enggak perlu bawa apa-apa karena sudah disiapkan satu paket disini,” ungkap Yanto, saat di wawancara dilokasi dan waktu yang sama.

Sementara itu, pengelola Wisata Alam Pasir Kirisik tersebut, Ipang Ma’ruf mengungkapkan, adanya kegiatan Perkasa atau Kemah yang digelar pihak SMAN 4 Tasikmalya di tempat Wisata Alam Pasir Kirisik ini, merupakan hasil kerja keras dan kerjasama dari seluruh tim yang ada dalam menjalin koordinasi dengan sejumlah pengurus dan anggota Polisi Siswa (Polsis) dari berbagai tingkat sekolah, sehingga selain oleh pihak sekolah SMAN 4 Tasikmalya yang saat ini sengaja menggelar kegiatan di tempat Wisata Alam Pasir Kirisik ini, banyak juga sekolah-sekolah lainnya yang sering menggelar kegiatan disini.

“Alhamdulillah, berkat hasil kerja keras semuanya dalam mempercayakan pengunjung dan juga memajukan tempat Wisata Alam Pasir Kirisik ini, sehingga lokasi lingkungan tempat wisata ini bisa dipercara pihak sekolah SMAN 4 Tasikmalaya, yang sengaja menggelar kegiatan Perkasa atau Kemah siswa-siswinya ditempat wisata ini. Maka dari itu untuk menjaga kenyamanan setiap pengunjung, kami akan selalu berusaha menyiapkan segala kebutuhan fasilitas yang dibutuhkan, dan juga akan terus berusaha menggali inovasi-inovasi fasilitas wahana bagi para pengunjung.” pungkas Ipang, yang saat itu didampingi Bendaharanya, Rizky, dilokasi aula.

 

 

Penulis : Deni