IPJI Dorong Akselerasi Percepatan Vaksinasi Covid19 Di Desa Girimukti Cisaga

oleh -51 views

CIAMIS – Setelah melakukan gebyar vaksinasi covid19 dosis 1 di Desa Codolog dan Desa Panumbangan, kini organisai profesi Ikatan Jurnalis Penulis Indonesia (IPJI) DPC Ciamis bekerjasama dengan Forkopimda Kabupaten Ciamis, Muspika Kecamatan Cisaga, dan Desa Girimukti melaksanakan vaksinasi massal bagi masyarakat Desa Girimukti.

Dinas Kesehatan Ciamis menyiapkan 400 dosis 1 sinovac vaksine19 dengan menerjunkan tim nakes dan vaksinator dari Puskesmas Cisaga. Bertempat di Aula Kantor Desa Girimukti, kamis (30/09/2021) kegiatan disambut antusias warga dari 3 kedusunan (Ciawitali, Pagambiran, dan Sukaluyu).

Kepala Desa Girimukti, Dasmadi kepada wartawan mengatakan Ia sangat berterimakasih kepada seluruh para jurnalis dan pengurus yang tergabung dalam organisasi DPC IPJI Ciamis atas kerjasama akselrasi percepatan vaksinasi covid19 di desanya.

“Kegiatan ini digagas oleh para jurnalis. Dari sekitar 1500 orang warga sasaran, hari ini karena kuota dosis 400 namun warga antusias mengikuti vaksinasi yang baru kali ini diadakan bekerjasama IPJI,” kata Kades.

Lanjutnya, karena sudah terjadi kasus meninggal terkonfirmasi positif covid19 dan beberapa warga positif pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan agar vaksinasi namun belum terselenggara, “Berkat IPJI hari ini bisa terlaksana diawali sosialisasi hingga masyarakat antusias. Saya haturkan terimaksih dan salut buat IPJI,” ujar Dasmadi yang berharap sinergitas bisa terus terjalin hingga bisa terlaksana heard immunity tercipta diwilayahnya.

“Sinergitas, kehadiran wartawan merupakan terobosan dan langkah yang positif.” pungkasnya.

Sementara itu, Arif Ma’ruf selaku Ketua DPC IPJI Ciamis didampingi kordinator kegiatan Wartono SP mengatakan inilah saatnya para wartawan berkontribusi bersinergis nyata pada program pemerintah, “Kami para awak media bersinergis dengan Porkopim melakukan akselerasi percepatan vaksinasi dosis 1 covid19, Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana di Desa Girimukti,” kata Arif.

Ujarnya DPC IPJI Ciamis mencoba berkiprah nyata terutama dengan para nakes khusunya vaksinator untuk mewujudkan heard immunity dengan yang sudah ditargetkan pemerintah dengan sasaran 70%, “Untuk mencapai sasaran 70%, menjadi tantangan dengan kondisi masyarakat yang sudah termakan berita hoax, sekarang karena vaksin sudah teruji klinis makanya masyarakat kita edukasi agar tidak meragukan divaksin covid19” pungkas Arif Ma’ruf.

Ketua Tim Vaksinasi, Bidan Oom Komariah menilai kegiatan dengan keterlibatan IPJi merupakan kerjasanama yang bagus dimana meningkatkan pelayanan terhadap tim nakes maupun kepada masyarakat.

Ia pun menjelaskan manfaat vaksinasi sehingga masyarakat perlu divaksin, “Manfaat divaksin adalah untuk ada kekebalan tubuh terhadap virus covid19 maupun variannya” kata Bidan Oom.

Pada akselerasi percepatan vaksinasi covid19 dosis 1 di Desa Girimukti tercapat target sasaran 400 dosis, dan terdapat beberapa warga yang ditunda pelaksanaannya karena mereka dalam kategori komorbid yakni didapati ketika skrining kadar gula darahnya tinggi, sedang flu, tensi darahnya tinggi, dan sakit lainnya.

Editor : Abraham