Peringati HPN 2018, Sekber Wartawan Depok Gelar Festival Literasi Wisata Berikut Workshop Diskusi

oleh -46 views
Banner Hari Pers Nasional (HPN) editing Sekber Wartawan Kota Depok. KONTEN INDONESIA / Tineke Nicolas

KOTA DEPOK – Festival Literasi Wisata yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang di gelar Sekretariat Bersama (Sekber) Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), telah berjalan sejak Desember 2017.

Dalam acara festival yang mengangkat tema “Menggali Potensi Wisata Kota Depok” itu, di isi dengan berbagai lomba, yakni Lomba Fotografi Wisata untuk umum dan Lomba Penulisan Artikel Wisata untuk pelajar dan mahasiswa. Kedua lomba yang merupakan rangkaian Festival Literasi Wisata tersebut, sudah di tutup pada akhir Januari lalu yang saat ini telah masuk fase penjurian.

Muhammad Iksan, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) HPN 2018 Kota Depok, mengatakan, setelah sukses menggelar lomba fotografi dan lomba penulisan artikel yang berhasil di ikuti lebih dari 700 peserta. Agenda Festival Literasi Wisata selanjutnya adalah Worksop Jurnalstik dan Diskusi Wisata yang akan di gelar pada 15 Februari mendatang, yang rencananya akan dihadiri KADISDIK, KADISPORYATA dan KADISKOMINFO Kota Depok.

“Untuk lomba fotografi dan lomba penulisan sudah kita tutup sejak 31 Januari 2018 kemarin, yang saat ini sudah dalam fase penjuriannya untuk mencari nominasi pemenang yang akan kita umumkan pada 15 Februari mendatang bertepatan dengan rangkaian acara HPN 2018 lainnya, yakni Workshop Jurnalistik dan Diskusi Wisata,” jelas M. Iksan, yang akrab di sapa Bang San itu, saat di temui di sekitar Sukmajaya, Kota Depok. Minggu, 11/02/2018.

Menurut Iksan, agenda Workshop atau Pelatihan Jurnalistik itu memang hanya di khususkan kepada para pelajar dan mahasiswa, dengan harapan bisa berbagi ilmu jurnalistik maupun pengalaman kewartawanan kepada para peserta.

“Selain itu, tentunya kita juga ingin memancing semangat dan ketertarikan adik-adik kita yakni para pelajar dan mahasiswa terhadap jurnalisme yang positif, sehingga di harapkan setelah mengikuti workshop ini mereka lebih semangat dalam menulis,” katanya.

Terkait soal publikasi tulisan dari peserta ini, di katakan Iksan, nantinya media-media yang tergabung di Sekber Wartawan Kota Depok sudah berkomitmen untuk secara berkesinambungan mempublikasikan tulisan kiriman dari para peserta pelajar dan mahasiswa itu.

“Ini merupakan komitmen bersama Sekber, untuk terus menumbuhkan semangat menulis adik-adik pelajar dan mahasiswa dengan mempublikasikan tulisan-tulisan mereka di media-media yang tergabung di Sekber. Sehingga ada wadah bagi mereka untuk mencetuskan ide-ide mereka lewat tulisan,” jelasnya.

Sementara itu, SekJen Sekber Wartawan Kota Depok, Johanes Hutapea, mengatakan, terkait agenda Diskusi sendiri sengaja di pilih dengan wisata sebagai tema, karena sesuai dengan tema rangkaian kegiatan HPN 2018 Kota Depok lewat Festival Literasi Wisata.

“Lewat diskusi ini, di harapkan bisa menghasilkan output untuk kemajuan pariwisata Kota Depok yang akan kita teruskan ke Pemerintah Kota Depok nantinya. Sehingga rangkaian HPN 2018 yang di gelar Sekber ini tidak sekedar menjadi seremonial tahunan biasa saja, namun juga bisa menghasilkan sesuatu sesuai dengan tugas dan fungsi pers,” kata Johanes.

Kedua agenda tersebut, di tambahkan Johanes, rencananya akan di gelar pada Kamis, 15 Februari 2018, bertempat di Aula Perpustakaan Kota Depok di area Pemerintah Kota Depok, Jalan Margonda Raya, mulai pukul 9:00 WIB.

“Diskusi ini juga terbuka untuk umum, jadi siapapun bisa datang dan memberikan sumbangsih ide serta pemikiran maupun kritik mereka terkait wisata di Kota Depok. Dan juga, hasil dari diskusi ini nanti akan kita teruskan sebagai masukan untuk Pemkot Depok.” pungkasnya.

 

 

 

Penulis : Tineke Nicolas

Editor    : Deni