Sepanjang Tahun 2016, Angka Kriminalitas di Karawang Menurun

oleh -76 views
Kriminalitas. Konten Jabar /  Ilustrasi Hens Pradhana.
Kriminalitas. Konten Jabar / Ilustrasi Hens Pradhana.

KARAWANG – Kasus kriminalitas yang ditangani Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, selama Januari hingga Desember 2016 dalam catatan Kepolisian Resor Karawang, menurun sekitar 69 persen dibandingkan dengan tahun 2015.

“Pada tahun ini kami telah menangani 435 kasus kriminalitas. Sedangkan tahun sebelumnya terdapat 795 kasus kriminal yang ditangani,” kata Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra, dalam siaran pers akhir tahun di Mapolres Karawang, Sabtu 31 Desember 2016.

Dari data tersebut, Kapolres menyimpulkan, terjadi penurunan 242 kasus kriminalitas atau mencapai sekitar 69 persen. Menurut dia, sepanjang Januari hingga Desember 2016 partisipasi masyarakat dalam mencegah terjadinya kriminalitas cukup bagus. Sehingga kasus kriminalitas di wilayah Karawang menurun pada tahun ini.

Faktor lain yang memicu penurunan kasus kriminalitas tersebut ialah giat patroli dalam skala besar yang dilakukan jajaran Polres Karawang selama setahun ini. Kapolres mengimbau agar masyarakat terus berperan melakukan upaya pencegahan, dengan menggiatkan kegiatan Siskamling di lingkungan tempat tinggalnya masing – masing.

“Kegiatan Siskamling yang rutin dilakukan itu sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas secara dini,” kata dia.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi serta tidak melakukan tindakan anarkis dalam menanggapi permasalahan yang terjadi. Sebab itu bisa merugikan masyarakat sendiri. (Ahmad Maulana)

Editor : Hens Pradhana