Pencanangan Zona Integritas, Krismono: Deklarasi itu Sebuah Janji, Harus Ditepati

oleh -203 views
Kalapas Kelas IIA Jember, Yandi Suyandi, saat menandatangani janji kinerja yang disaksikan Kakanwil Kemenkumham Jatim dan Forkopimda Jember. Foto : Evelyne Christanty

JEMBER – Kegiatan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Tahun 2021, tampak diikuti Kanwil Kemenkumham Jawa Timur (Jatim), di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas llA Jember, Jatim, Selasa 23/02/2021.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono itu, tampak dihadiri juga oleh para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember. Dalam deklarasinya agenda tersebut, diketahui dilanjutkankan dengan penadatanganan Janji Kinerja Kemenkumham oleh para pejabat berikut:

1. Kepala Lapas Kelas IIA Jember, Yandi Suyandi Bc. IP. S.Sos

2. Kepala Lapas Kelas IIB Bondowoso, Sarwito Amd. Ip. SH

3. Kepala Lapas Kelas IIA Banyuwangi, Wahyu Indarto Amd. Ip. SH. MH

4. Kepala Lapas Kelas IIB Situbondo, Tomi Elyus Amd. Ip. S.Sos. MH. Msi

5. Kepala Kantor Kemenkumham Jawa Timur, Krismono Bc. Ip. SH. MH

6. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember, Said Noviansyah SH. MH

7. Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Jember, Wahyu Andayati Amd. Ip. M,Hum. M,Si.

Disela-sela kegiatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono menyampaikan, deklarasi ini merupakan langkah awal menuju WBK WBBM. Deklarasi itu kan sebuah janji, ini merupakan komitmen yang benar-benar harus ditepati oleh yang membuat janji.

“Sudah ada 11 Satker yang berstatus WBK dan 4 WBBM di bawah naungan Kanwil Jawa Timur. Lapas Jember secara internal (Kemenkumham) sudah meraih predikat WBK, tetapi menurut penilaian pihak eksternal masih belum memenuhi syarat. Mungkin ada data dukung yang kurang lengkap, atau ada pelayanan yang kurang berkualitas. Semoga dengan adanya deklarasi Korwil Jember ini dapat meraih WBK WBBM pada tahun ini.” ungkap Krismono, saat ditanya kontenindonesia.com dilokasi acara.

Untuk diketahui, usai pencanangan, Kakanwil langsung meresmikan beberapa fasilitas baru di Lapas Jember, antara lain ruang tunggu, galeri, serta kios bunga. Selanjutnya rombongan Kakanwil Jatim meninjau Sarana Edukasi dan Asimilasi Lapas Jember di Kecamatan Sumbersari serta pemberian bantuan oleh Kakanwil Jatim berupa keramik untuk pembangunan masjid di lingkungan Sarana Edukasi dan Asimilasi Lapas Jember.

 

Reporter : Evelyne Christanty
Editor : Deni