970 Petugas Tambahan Disdamkar, Ikut Pelatihan Fisik dan Mental

oleh -232 views
Noor Haryati SH. Msi, Sekretaris Disdamkar Kota Bekasi, bersama para Kasi Disdamkar, saat menyaksikan apel penutupan pelatihan para petugas damkar. Kamis, 22/03/2018. KONTEN INDONESIA / Saiful Bahri 

KOTA BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar), menambah sekitar 970 orang Tenaga Kerja Kontrak (TKK) yang ditugaskan di Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Bekasi. Penambahan tenaga kerja itu, sengaja dilakukan untuk menambah personil disejumlah Sub Sektor Disdamkar Kota. Kamis (22/3/18 )

Saat ini, sudah ada lima sub sektor Disdamkar yang tersebar disejumlah Kecamatan yang ada di Kota Bekasi. Beberapa sub sektor tersebut terletak di Bekasi Utara, Mustikajaya di MGT Rawalumbu, Medansatria, Jatisampurna dan lainnya.

Drs. Aceng Solahudin, Kepala Dinas Damkar Kota Bekasi mengatakan, penambahan tenaga kerja tersebut, berdasarkan pengajuan dari Disdamkar Kota Bekasi. Pengajuan penambahannya dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan di Dinas Damkar Kota Bekasi.

“Mereka (Dinas Damkar) mengajukan kesini untuk pemenuhan kebutuhan setelah itu kita tindak-lanjut. Sebelum adanya penambahan 300 orang, sudah ada sekitar 300 pegawai TKK di Disdamkar Kota Bekasi. Setelah penambahan kembali, keseluruhan TKKnya jadi sebanyak 970 orang, itu yang lama dan baru,” terang Drs. Aceng, saat dimpai Kontenindonesia.com diruang kerjanya. Kamis, 22/03/2018.

Dikatakan Aceng, yang mengatur penambahan TKK di masing-masing sub sektor, adalah Disdamkar Kota Bekasi. Nantinya, penambahan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing tempat. Sebelumnya, Disdamkar Kota Bekasi mengusulkan kantor baru, karena akan ada penambahan personil dari TKK. Selain itu, usulan kantor baru juga dilatar belakangi akan adanya penambahan 15 armada pemadam kebakaran.

“Penambahan ini merupakan kebutuhan karena rawan kebakaran. Pegawai yang baru tersebut akan diplot sama Disdamkar Kota Bekasi,” katanya.

Bahkan, kata Aceng, dalam setiap pegawai Damkar telah dibina secara pelatihan fisik, kami lakukan itu demi menguji kemampuan bagi para pegawai Damkar. Pelatihan tersebut, secara pengetahuan tentang apa saja tugas dan peran sebagai petugas damkar, waktu pelatihan fisiknya, dilaksanakan pada pertengahan bulan februari hingga maret 2018.

“Secara terlaksana dalam pelatihan fisik dan juga orientasi bagi tenaga kerja kontrak (TKK ) supaya mental mereka siap dalam menghadapi tugas-tugas menangani setiap adanya tingkat kebakaran di wilayah daerah Kota Bekasi.” kata Aceng.

Aceng menambahkan, dengan adanya penutupan pelatihan fisik dan orientasi yang dilaksanakan di Stadion Mini Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi. Artinya mereka sudah berakhir dalam pelatihan fisik dan mental, dan mereka sudah siap dalam menghadapi tugas-tugas kerja di Damkar Kota Bekasi.

 

 

 

Penulis : Saiful Bahri
Editor   : Deni