Agar Tidak Tergerus Kesenian Modern, Pemerintah Harus Benar-Benar Perhatikan Budaya Sunda

oleh -60 views
Rahmat Zenal Muttaqin Msi, Sekretari Kecamatan (Sekmat) Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, saat di jumpai KONTEN INDONESIA.COM di ruang kerjanya, Sabtu 26 Agustus 2017. KONTEN INDONESIA / ANTON

TASIKMALAYA – Lestarikan Seni Budaya Sunda yang merupakan kewajiban setiap kalangan orang sunda di wilayah Jawa Barat (Jabar). Hal itu agar budaya sunda tidak hilang tergerus kesenian-kesenian modern yang seolah semakin menonjol. ungkap Rahmat Zenal Muttaqin Msi, Sekretari Kecamatan (Sekmat) Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, saat di jumpai KONTEN INDONESIA.COM di ruang kerjanya, Sabtu 26 Agustus 2017.

Menurut Rahmat, seharusnya pihak pemerintah lebih memperhatikan dalam melestarikan budaya sunda, yang khususnya pihak Dinas Pariwisata. Karena dengan efektipnya mengembangkan seni budaya sunda, hali itu bisa membuat menambahnya pendapatan angggaran daerah. Katanya.

Rahmat mengatakan, di beberapa kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya ini, banyak yang memiliki kesenian budaya sunda yang bisa di tampilkan dalam berbagai kegiatan dan moment tertentu, bisa juga seni sunda itu di tampilkan di tempat rekreasi (wisata) sebagai sarana sosislisasi kepada masyarakat. Seperti halnya sanggar seni Tanjung Buana di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya disini yang sudah cukup memiliki berbagai fasilitas, tinggal adanya dukungan dari masyarakat dan pihak pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk kemajuannya.

(ANTON)

EDITOR : DENI

 

 

KONTEN INDONESIA.COM