Antisipasi Banjir, Warga Kampung Pasiripis Gelar Kerja Bakti

oleh -65 views
Sejumlah warga Kampung Pasiripis, Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, saat gelar kerja bakti disalah satu titik TPS guna antisipasi terjadinya banjir. Foto : Rizam

TASIKMALAYA – Kekompakan tampak melekat pada warga di Kampung Pasiripis, Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar. Hal tersebut terbukti pasca melakukan Kerja Bakti dalam membenahi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) berikut membersihkan sumbatan pada selokan dan sungai di wilayahnya.

Kerja bakti atau gotong royong yang sengaja digerakkan oleh Kepala Dusun setempat, Dede Iwan itu, yakni bertujuan mengatisipasi terjadinya bencana banjir dan longsor menghadapi musim hujan.

Dede Iwan S. Pd mengatakan, kegiatan ini dalam rangka membenahi saluran drainase dan selokan hingga sungai. Selain untuk meminimalisasi terjadinya bencana banjir, hal ini juga untuk bertujuan adanya dampak serangan nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah.

” Alhamdulillah kegiatan kerja baktinya disambut antusias oleh warga, semuanya tampak tidak menghiraukan bau tak sedap dan lainnya dari TPS, drainase, selokan dan sungai, semuanya bekerja serius bersihkan sampah agar tidak menyumbat. Ini salah satu menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan terhindar dari bencana banjir.” Ungkap Iwan, kepada kontenindoneaia.com dilokasi, Rabu 14/10/2020.

Dede menjelaskan, kerja bakti itu merupakan salah satu bentuk antisipasi terjadinya bencana longsor dan banjir ketika musim hujan deras. Sasarannya meliputi normalisasi saluran air, merapikan saluran air dari limbah lingkungan dan merapikan penimbunan barang-barang bekas di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Kerja bakti ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya dalam mengantisipasi terjadinya banjir. Pelaksanaan kerja bakti ini sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap lingkungan agar bersih dan sehat.” Kata Dede.

Ditempat yang sama, Ketua RT01/04 Abah Omay menyampaikan, kegiatan kerja bakti semacam ini akan dilakukan secara rutin untuk kepentingan masyarakat sekitar dan lingkungannya. Tapi untuk saat ini sebagai antisipasi datangnya banjir dan longsor.

Kegiatan ini akan rutin dilakukan, karena hal ini adalah salah satu kepentingan umum. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan yang bisa menimbulkan banjir dan penyakit yang menyerang warga sekitar. Pungkas Omay.

Sementara itu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rudi Hartono S.Kep, Ners mengungkapkan, Saya cukup merespons positif terkait adanya inisiatif kerja bakti yang berlangsung. Kegiatan itu untuk menjaga lingkungan tetap sehat dan mengantisipasi banjir, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Inisiatif Kepala Dusun sangat bagus. Kami masyarakat sekitar sangat merespons baik, karena hal ini bagian dari ikhtiar supaya tidak ada bencana di sekitar kita. Jika berbicara bencana, hal itu menjadi menjadi tanggungjawab kita bersama. Kalau bukan kita yang melakukan, siapa lagi.” Kata Rudi, saat ditanya.

Rudi berharap, semoga warga masyarakat yang melakukan Kerja Bakti mendapatkan amal yang baik dari Alloh SWT, masyarakat bisa sadar dan selalu menjaga kebersihannya karena keberhasihan itu sebagian dari iman.

“Semoga lelahnya yang ikut kerja bakti menjadi ladang amal yang baik diridoi Alloh SWT, kebersihan kan sebagian dari iman.” Pungkasnya.

 

Reporter : Rizam
Editor      : Deni