Awal Tahun 2017, Banjir Merendam Ribuan Rumah Di Cirebon

oleh -57 views
Musibah Banjir merendam Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon. Konten Jabar / Gambar Hens Pradhana
Musibah Banjir merendam Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon. Konten Jabar / Gambar Hens Pradhana.

CIREBON – Sebanyak 3000 rumah di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir. Ketinggian air bervariasi mulai dari 30 Cm hingga 1 meter.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Maryono, mengatakan hingga Senin 2 Januari. Banjir yang terendam di Kecamatan Gebang, Pabedilan, dan Waled. Maryono mengatakan ketinggian banjir semulanya mencapai dua meter. Namun siang ini, ketinggian banjir surut.

Maryono mengungkapkan, Dinas Sosial Kabupaten Cirebon menurunkan petugas untuk membantu evakuasi warga ke sejumlah sekolah dan masjid. Dinsos juga memberikan bantuan sembako.

“Kita sudah menerjunkan tim untuk membantu evakuasi dan distribusi sembako,” kata Maryono.

Menurut Maryono, banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur kemarin malam. Kondisi diperparah dengan banjir bandang di Gebang.

“Jadi, airnya tidak bisa keluar ke laut,” kata Maryono.

Menurut Maryono, beberapa warga kembali ke rumah masing-masing. Namun mereka cemas lantaran cuaca mendung dan khawatir hujan kembali turun.

Sebelumnya, Maryono menyebutkan 1.410 rumah terendam banjir. Maryono mengatakan banjir berlokasi di lima blok yaitu Gebang Udik, Gebang Ilir, Gebang Mekar, Mlakasari, dan Gebang Kulon.

Ia mengatakan petugas gabungan tengah mengevakuasi warga. Petugas menggunakan perahu karet. Maryono mengatakan masih mengecek jumlah rumah dan warga yang terkena dampak.***

Editor : Hens Pradhana