Beberapa Jalan Alternatif Penghubung Ciamis – Kuningan, Akan Diperbaiki DAK Tahun Ini

oleh -51 views
Jalan alternatif Ciamis menuju Kuningan yang akan di perbaiki pemerintah. Konten Jabar / Foto Istimewa

KUNINGAN – Ruas jalan alternatif yang merupakan penghubung antara Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar) yang sudah lama dalam kondisi rusak parah. Jalan penghubung kedua kabupaten itu yang sering di jadikan andalan sebagai jalur alternatif kendaraan-kendaraan kecil roda 4, bahkan sering di lintasi mobil truk angkutan barang, untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh antara Kuningan menuju Ciamis dan juga sebaliknya. Jalur tersebut yang melintasi Dusun Dahu, Desa Cimenga di wilayah Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan itu, kabarnya akan di perbaiki pemerintah pada tahun 2017 ini.

Bahkan, jalur tersebut juga sering di jadikan pilihan utama para pengemudi kendaraan, di saat-saat arus lalu lintas di jalur jalan nasional Kuningan menuju Ciamis yang melalui jalan di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka ketika mengalami ganggguan padat kendaraan.

Menurut Kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Kabupaten Kuningan tersebut, Jajat Sudrajat, yang saat itu di dampingi Apep Kusmara, Kepala Bidang Bina Marga mengatakan, Untuk melaksanakan perbaikan jalan penghubung kedua kabupaten tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, saat ini sudah mengalokasikan anggarannya senilai Rp.2 Miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Di katakan Apep, Ruas jalan alternatif yang rusak tersebut, panjangnya hanya kurang lebih sekitar 3 kilometer, yang sekitar 2,4 kilometer di antaranya berada di wilayah termasuk Kabupaten Kuningan, dan saat ini kondisinya mengalami kerusakan yang cukup parah. Makanya, kerusakan di ruas jalan tersebut akan di perbaiki pada tahun anggaran 2017 ini, melalui proyek peningkatan struktur dengan anggaran sebesar Rp.2 miliar. kata Apep Kusmara, Selasa, 14 Februari 2017.

Selain itu Apep berujar, Beberapa bagian jalan kabupaten lainnya yang berada di wiayah termasuk Kabupaten Kuningan selatan yang kini mengalami kerusakan, jalannya itu akan mendapat perbaikan melalui proyek serupa pada tahun 2017 ini. yakni di bagian ruas jalan Cipasung meniju Subang, antara Kecamatan Selajembe dengan Kecamatan Subang, yang panjangnya kurang lebih 11,3 km, dan juga ruas jalan Subang menuju Cilebak dan Ciwaru di bagian ruas jalan antara Kecamatan Cilebak hingga Kecamatan Ciwaru yang sepanjang 6,3 km, serta ruas jalan penghubung Kecamatan Subang ke arah Desa Tangkolo, di Kecamatan Subang yang sepanjang 2,6 km, itu juga akan mendapatkan perbaikan pada tahun ini. Kemudian total anggaran DAK yang di alokasikan untuk empat proyek peningkatan infrastruktur jalan itu, semuanya sebesar Rp.23,72 miliar.

Kadis PU-Pera Jajat Sudrajat, yang saat itu di dampingi Apep Kusmara, juga mengatakan, sesuai rencana anggarannya dan juga permintaan Bupati Kuningan, Acep Purnama kepada Dinas PU-Pera, perbaikan jalan ruas Cipasung-Subang-Cilebak-Ciwaru tersebut, akan di garap secepatnya dan di harapkan tuntas sebelum lebaran idul fitri tahun ini.***

Editor : Deni