Berada di Level 4 dari Target se-Indonesia, Dispendukcapil Jember Terima Tamu dari Kota Kediri

oleh -80 views
Tim Dispendukcapil Kota Kediri, saat berlangsung study ajar di Dispandukcapil Kabupaten Jember, Jatim. Foto : Evelyne Christanty

JEMBER – Pasca meraih penghargaan atas kinerja layanan sepenuh hati berdasar Tugas Pokok dan Fungsi (Tufoksi) terkait Administrasi Kependudukan (Adminduk), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) menerima kunjungan dari Dispendukcapil Kota Kediri, Senin 12/04/2021.

Sebagai sesama Dispendukcapil diharapkan agar bersaudara, saling mengetahui positif maupun negatifnya dari pelayanan Dispendukcapil yang dituju ataupun yang datang, dengan tujuan dapat memberikan masukan-masukan yang positif kepada Dispenduk sesuai perintah Dirjen Dispendukcapil, yakni harus mengayomi warganya dengan satu irama yang sama.

“Dengan adanya kehadiran dipendukcapil Kota Kediri di Jember, kami menginformasikan tentang permasalahan- permasalahan serta hal-hal yang membahagiakan. Intinya layanan Dispendukcapil harus dapat membahagiakan masyarakat.” ungkap kepala Dispendukcapil Kabupaten Jember, Isnaini Dwi Susanti SH, diruang kerjanya.

Santi juga mengatakan, tanpa mempunyai trik-trik untuk mencapai tujuan tertentu mengharapkan penghargaan, ternyata pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Jember bisa meraih level 4 dari batasan target yang diberikan Dirjen Dukcapil kepada seluruh Dukcapil Kabupaten Kota se-Indonesia.

“Tanpa trik untuk mencapai tujuan tertentu mengharapkan penghargaan, pelayanan di Dispendukcapil Kabupaten Jember bisa meraih penghargaan level 4 dari target yang diberikan Dirjen Dukcapil. Targetnya kan perekaman harus mencapai 95%, akte kelahiran minimal harus 92% hingga target KIA 20%. Perjanjian kerjasama yang dilakukan dengan pihak lain oleh Dukcapil kabupaten kota juga harus 4 lembaga. Alhamdulillah hal itu dapat dilalui oleh Kabupaten Jember.” terang Santi.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) pelayanan pendaftaran penduduk Kota Kediri, Noviana Rahmawati menyampaikan, tujuan utama kami ke Dispendukcapil Jember, adalah untuk study ajar ataupun study tiru tentang inovasi yang ada di Dispendukcapil Jember, dengan harapan bisa kita adob di Kota Kediri. Selain itu, tujuan kami juga untuk silaturahmi dan bekerjasama, belajar hingga berkoordinasi terkait permasalahan yang kita hadapi, yakni untuk melayani masyarakat dalam mendapatkan adminduk serta untuk meningkatkan pelayanan masyarakat .

“Kunci keberhasilannya adalah tujuan kita membahagiakan masyarakat, dengan usaha membuat suatu camistery bersama dengan menguatkan team work, bahwa kita sudah ditakdirkan intuk menjadi pelayan masyarakat yang tugasnya membahagiakan masyarakat, agar masyarakat mendapatkan adminduknya dengan mudah, cepat ,gratis dan tidak ruwet.” ungkap Kabid Dispendukcapil Kota Kediri itu.

Maka dari itu ditambahkan Noviana, diharapkan kepada semua masyarakat agar mengurusi adminduknya sebelum dibutuhkan. Perubahan elemen data minimal harus dilakukan 3 tahun sekali oleh semua warga.

“Keberhasilan Kabupaten Jember untuk melayani rakyat didukung juga oleh rakyatnya, oleh rakyatnya yang gemar dan sadar akan adminduknya masing-masing.” tambah Noviana.

 

Reporter : Evelyne Christanty
Editor : Deni