Bupati Ciamis Dr.Herdiat Buka Hari Aksara Internasional Tingkat Kab.Ciamis

oleh -41 views
Bupati Ciamis Membuka Kegiatan Hari Aksara Internasional di IC selasa (19/11/2019)

KAB. CIAMIS -Bupati Ciamis Dr.Herdiat membuka Program Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah Sejahtera (Gemas) serta  kegiatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Kabupaten Ciamis yang digelar di Islamic Center Kabupaten Ciamis, Selasa (19/11/2019).

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya mengatakan, dengan adanya peluncuran program Gemas, tingkat angka rata-rata lama sekolah (RLS) di Kabupaten Ciamis minimal wajar pendidikan bisa mencapai 9 Tahun pendidikan atau setara SMP.

“Bagi yang telah putus sekolah atau tidak tamat pendidikan, masyarakat bisa menempuh jalur pendidikan sekolah kesetaraan atau sekolah non formal yang tersedia di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM).

Bupati Ciamis Membuka Kegiatan Hari Aksara Internasional di IC selasa (19/11/2019)

Menurut H. Herdiat, bagi yang belum berkesempatan mengenyam pendidikan, baik pendidikan sampai 9-12 tahun, bisa kembali belajar di sekolah non formal,” ucap Herdiat

Adapun bagi masyarakat yang kurang mampu akan diupayakan mendapat bantuan,maka demikian, program Gemas tersebut seirama dengan program gerakan literasi, yakni meminimalisir angka buta aksara di Kabupaten Ciamis, Pemkab Ciamis sangat serius dalam menekan angka buta aksara di Ciamis.

Selain mendorong masyarakat untuk membaca tulis huruf latin, kita juga mendorong dalam membaca tulis huruf Alquran, yakni salah satunya dengan program gerakan Maghrib mengaji.

“Untuk menunjang gerakan literasi di Kabupaten Ciamis, Pemkab Ciamis sudah menyediakan sarana dan prasarana yang telah memadai bagi kebutuhan masyarakat, salah satu diantaranya yakni perpustakaan sudah tersedia di tiap Desa di Kabupaten Ciamis, baik di pusat keramaian ataupun Taman Bacaan,” jelasnya.

Penulis : Jefri