Covid 19 Mengerikan di Jember, 11 Napi dan 1 Pegawai Lapas Terkonfirmasi Positif

oleh -635 views
Lonjakan kasus Terkonfirmasi positif covid 19. Foto : Ilustrasi Istimewa

JEMBER – Penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Jember saat ini dinilai semakin mengerikan. Pasalnya, wabah virus yang mendunia dan mematikan itu saat ini sudah merambah di area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jember, Jawa Timur (Jatim).

Terkonfirmasi Oleh wartawan, kasus positif covid 19 yang menimpa pada Nara Pidana (Napi) sebanyak 11 orang, sepuluh diantaranya Napi permpuan dan satunya adalah Napi laki-laki.

Kepala Lapas Kelas Kelas II A Jember, Yandi Suyandi mengatakan, awal mula dikatehui ada salah seorang napi yang positif, yakni terdapat pada seorang napi wanita yang mengalami gejala muntah-muntah.

“Awalnya diketahui Satu orang napi wanita muntah-muntah, Kemudian dibawa ke Rumah Sakit (RS) dr Soebandi yang kemudian dinyatakan positif Covid-19 oleh tim medis.” jelas Suyandi, saat dihubungi kontenindonesia.com melalui telpon selulernya, Senin 26/04/2021.

Suyandi berujar, setelah satu napi diketahui positif oleh pihak Lapas, kemudian sebagai langkah antisipasinya dilakuan tes swab kepada 36 napi lainya.

“Dari hasil tes swab dikatahui yang positif menjadi sepuluh napi, semuanya adalah napi wanita dan Dua orant laki-laki yang satunya adalah pegawai Lapas, sehingga keseluruhannya yang positif berjumlah 12 orang,” ujarnya.

Suyandi menambahkan, sebagai langkah antisipasi lebih banyak lagi penyebaran, sementara saat ini pihak Lapas tidak mengizinkan kunjungan keluarga narapidana.

“Saat ini yang positif Covid-19 diisolasi di tempat yang sudah disediakan di dalam lapas,” tambahnya.

Untuk diketahui, pengelola Lapas Kelas II A Jember semakin memperketat penegakan protokol kesehatan di lingkungan Lapas.

 

Reporter : Evelyne Christanty
Editor : Deni