Di Tegur DLH, Berikut 7 Perijinan Yang Belum Dipenuhi PT. TIP

oleh -71 views
Hamzah, Direktur Managemen Operasional PT. TIP. KONTEN INDONESIA / Irwan Hamsi

KAB PASANGKAYU – Berdasarkan hasil temuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), mengenai adanya aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan pabrik sawit PT. Toscano Indah Pratama (TIP), yang menurutnya tidak sesuai dengan Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) dari mulai Amdal dan penggunaan Air Permukaan yang tidak memiliki izin.

Hasil dari adanya temuannya dilokasi perusahaan tersebut, sehingga DLH Kabupaten Pasangkayu harus mengeluarkan rekomendasi berupa teguran ke PT. TIP. Hal tersebut di akui oleh salah satu pihak Managament PT. TIP, Hamzah, yang membenarkan bahwa Perusahaan PT. TIP telah mendapat teguran dari DLH Pasangkayu, pada Sabtu, 03/03/2018.

“Kami memang mendapat teguran dari DLH Kabupaten Pasangkayu karena tidak sesuai dengan Amdal, dan ada sejumlah izin yang belum terpenuhi. Tetapi, kami pihak perusahaan tetap akan membenahi apa yang menjadi temuan DLH,” ungkap Hamzah, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Hamzah menjelaskan, pemanfaatan air permukaan yang belum memiliki Izin, itu dikarenakan pihak Perusahaan dari awalnya hanya akan memanfaatkan pengelolaan air limbah untuk di daur ulang menjadi air bersih, agar dapat digunakan kembali tetapi hasilnya tidak maksimal. Selain itu, dirinya juga membenarkan tentang adanya penambahan Kolam penampungan Limbah yang juga belum mengantongi izin. Terangnya.

Hamzah menambahkan, bahwa PT Toscano Indah Pratama (TIP), hanya memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Usaha Pabrik (IUP), dan Izin Lingkungan. Sedangkan turunannya seperti izin LAN Aplikasi, Izin Pembuangan Limbah dan izin pemanfaatan air permukaan, sementara hal itu masih dalam pengurusan setelah mendapat teguran dari DLH Kabupaten Pasangkayu.

Adapun izin yang belum terpenuhi dari hasil temuan DLH Kabupaten Pasangkayu, sebagai berikut :
1. Izin Lingkungan (Perubahan)
2. Izin Instalasi Pengelolaan Air Libah (IPAL)
3. Izin Pemanfaatan Air Permukaan
4. Izin Pembuangan Limbah Cair
5. Izin Land Aplication
6. Izin Penyimpanan Sementara Limbah B3
7. Izin Mendirikan Bangunan (non pabrik).

 

 

 

 

Penulis : Irwan Hamsi
Editor   : Deni