Di Acara Harganas, Bupati Musi Rawas Ajak Masyarakat Tingkatkan Gotong Royong Bangun Desa

oleh -132 views
Pasca acara pembukaan sekaligus peresmian Kampung KB, di Desa Air Lesing, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, yang dihadiri Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan dan jajaran petinggi penting lainnya. Selasa, 16/10/2018. Foto : A Rahman

KAB MUSI RAWAS – Dalam acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), Bhakti Sosial TNI-KB-Kes berikut pencanangan Kampung KB di Desa Air Lesing, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan pada Selasa, 16/10/2018. Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan, ajak seluruh komponen untuk bersinergi membantu program pembangunan desa.

H. Hendra Gunawan, mengatakan, Saya mengucapkan banyak terima kasih sekaligus memberikan penghargaan kepada Komandan Kodim (Dandim) 0406 Musi Rawas dan seluruh jajarannya, yang sudah banyak membantu dalam kegiatan ini. Selain itu, Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus melestarikan gotong royong dan saling membantu satu sama lainnya, yang merupakan salah satu budaya warisan dari nenek moyang kita.

“Kegiatan seperti yang merupakn modal untuk membangun bangsa, negara dan daerah ini, akan terus diselenggarakan setiap tahunnya, agar kedepannya Kabupaten Musi Rawas ini dapat lebih baik dan maju lagi. Intinya melalui kegiatan ini, mari kita masing-masing melakukan intropeksi dan evaluasi, apa yang harus diperbaiki kedepan. Khususnya menjaga anak dan keluarga dari hal-hal pengaruh negatif yang tidak diinginkan,” kata H. Hendra, pada sambutannya dipodium acara tersebut.

Sementara itu, Dandim 0406, Letkol Kav Dodi Syamsurizal mengatakan, sebelum adanya MoU panglima TNI dengan pemerintah pada tahun 2013 lalu, Bhakti Sosial TNI-KB-Kes belum optimal dan maksimal. Namun setelah adanya MoU, kegiatan ini setiap tahunnya dapat berjalan sesuai diharapkan.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena ada unsur-unsur urgen yang harus ditangani, khususnya mengenai pertumbuhan penduduk yang cepat yang berpengaruh terhadap ketersediaan sandang, pangan, tenaga kerja dan ekonomi. Sehingga, kegiatan ini akan terus didorong agar Musi Rawas menjadi percontohan,” kata Dodi Syamsurizal, saat diwawancara Kontenindonesia.com disela-sela agenda itu.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel, Waspi, mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya, baik kepada Bupati Musi Rawas maupun Dandim 0406, yang telah memberikan dukungan serta komitmen yang tinggi terhadap kegiatan ini.

“Diselenggarakannya kegiatan Harganas ini untuk meningkatkan komitmen bagi pemangku kerja, agar dapat membangkitkan semangat dan menerapkan 8 fungsi keluarga, sehingga terciptanya ketahanan dan kesejahteraan keluarga,” kata Waspi.

Waspi menjelaskan, bahwa kegiatan TNI-KB-Kes ini merupakan momentum penting, yang diharapkan dapat berkontribusi nyata dalam meningkatkan kepesertaan KB baik di Musi Rawas, Provinsi dan Nasional. Dimana pembentukan Kampung KB itu, merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI, agar manfaat program kependudukan KB dan pembangunan keluarga dapat dirasakan langsung, khususnya bagi penduduk daerah terpencil dan tertinggal.

“Untuk sasaran kampung KB, yakni warga miskin, padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan dan antusias ber-KB, masih rendah. Sehingga dengan adanya kampung KB, diharapkan program KB dapat bergema kembali dan dapat menjangkau desa,” katanya.

Diketahui, pada momen peringatan Harganas, Bhakti Sosial TNI-KB-Kes dan pencanangan kampung KB ini, H. Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Musi Rawas, Hj. Noviar Marlina Gunawan, beserta Dandim 0406, Kajari Lubuklinggau Hj. Zuraidah dan sejumlah tamu lainnya, bernyanyi bersama dengan masyarakat dan anak- anak, untuk mendorong rasa cinta pada keluarga.

Selain penyerahan berbagai hadiah dan penghargaan, juga diadakan berbagai pelayanan kesehatan bagi masyarakat termasuk khitanan gratis bagi sejumlah anak.

 

 

 

 

Reporter : A Rahman
Editor      : Deni