Di Bandung, Tim Saber Giat Beraksi Hingga Ke Perkampungan

oleh -119 views
Agus Kusumah, Kades Langensari Kecamatan Solokan Jeruk. saat beraksi melakukan Saber Sampah diwilayahnya. Konten Jabar/Foto Supriyanto.

BANDUNG – Kalau saat ini setiap media sedang ramai menyoroti dan memberitakan tentang kinerja Tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli). Di Kabupaten Bandung, Sebuah Tim saber juga tengah gencar menjalankan aksinya bahkan sampai ke pelosok kampung.

Berbeda dengan Tim Saber Pungli, Tim Saber yang diketuai oleh Agus Kusumah ini menjalankan aksinya dengan cara sapu bersih sampah yang ada di Desa Langensari, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung. Agus yang juga sebagai Kepala Desa Langensari sejak 4 tahun yang lalu ini tiap minggu mejalankan Saber Sampah dibantu 15 personel Linmas yang ada di desanya.

Ditemui saat melakukan saber sampah, Agus mengatakan kalau kegiatan ini merupakan program desa yang didanai dari masyarakat. Agus menjelasakan setiap Kepala Keluarga beriuran sebesar 2000 rupiah setiap bulannya yang dikoordinir oleh Ketua RW di 18 RW yang dipimpinnya.

“Ini merupakan program Desa yang dananya didapat dari iuran masyarakat, setiap bulannya masyarakat iuran 2000 rupiah, tapi ada juga yang ngasih lebih,” katanya.

Agus berharap, kegiatan ini mampu memeberikan kesadaran kepada masyarakat sekaligus menanamkan budaya hidup bersih, agar masyarakat diwilayahnya senantiasa sehat. (Supriyanto/Yanyan)

Editor : Hens Pradhana