Diduga Kurang Pemeliharaan, Banyak LPJU Yang Dinilai Tidak Bermanfaat

oleh -165 views

 

Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang berdiri di area Pangkalan Ojeg Ciinjuk, Jalan Raya Rajapolah termasuk Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, yang dinilai tidak bermanfaat, karena tidak pernah nyala disaat malam hari. KONTEN INDONESIA / Foto Istimewa

KAB TASIKMALAYA – Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) pungsional tenaga surya (Matahari), yang tepat berdiri di area pangkalan ojeg Ciinjuk, Jalan Raya Rajapolah termasuk Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, dinilai sangat tidak bermanfaat.

Menurut sejumlah informasi yang berhasil dihimpun Kontenindonesia.com, dari awal berdirinya LPJU tersebut, selalu mendadak mati pada saat pungsional penerangan jalan di malam hari setiap pukul 18:30 WIB. Bahkan, LPJU itu juga sering tidak nyala (Pungsi) sama sekali.

Tampak LPJU tersebut saat kondisi malam hari.

Menurut seseorang yang berjualan di area lokasi tersebut berinisial “NY” mengatakan, Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang berdiri disitu seakan tidak bermanfaat sama sekali. Karena setiap malam hari tidak pernah nyala untuk menerangi jalan raya ini, adapun sesekali jika nyala, itu juga cuma nyala 1 jam paling lama.

“Berdirinya lampu penerangan jalan seperti itu dinilai sangat percuma, karena tidak bermanfaat sama sekali. Masa ada LPJU tapi tidak pernah nyala, ya itu namanya tidak bermanfaat kan. Pungsi LPJU seperti itu kan untuk penerangan jalan, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Kalo tidak nyala dan tidak bermanfaat seperti itu buat apa coba.?.” ungkap NY, saat ditanyai Kontenindonesia.com di area Jalan Raya tersebut.

Selain LPJU yang tidak nyala itu, dikatakan NY, setau Saya, ada juga dan bahkan banyak LPJU yang seolah tidak bermanfaat yang dipasang disepanjang jalur Jalan Raya Nasional ini, di Jalan Raya Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya ini saja mungkin lebih dari 5 LPJU yang tidak berfungsi. Hal seperti itu menurut Saya, akibat dari kurangnya pemeliharaan, sehingga tidak kurang terawat.

“Sepertinya LPJU yang tidak nyala dan tidak bermanfaat seperti itu, tidak hanya LPJU yang disini sajah. Contohnya selain LPJU yang disini, ada juga LPJU yang berdiri di Jalan Raya Rajapolah ini tepatnya di area termasuk Kampung Cireundeu, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, bok baterai LPJU nya terbuka begitu saja, dan baterainya juga terlihat tidak ada. LPJU nya juga sama tidak pernah nyala. Harusnya kalo LPJU sudah terlihat seperti itu, secepatnya diperbaiki.” katanya.

 

 

 

 

Penulis : Deni