Diduga Terjadi Kluster Imtihan, 60 Orang Warga Desa Tanjungpura Positif Covid 19

oleh -728 views
Salah seorang warga dari total 60 orang yang positif covid 19, saat menjalani isolasi mandiri di ruangan isolasi covid 19 yang disediakan Pemeritah Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Foto : Deni

TASIKMALAYA – Sebanyak 4 kampung di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), belakangan ini diketahui diterjang wabah Covid 19, hingga status zona merah wabah covid 19 di wilayah itu pun kini diakui Kepala Desa setempat.

Diduga akibat terjadinya kluster setelah acara imtihan disalah satu kampung yang berlangsung seminggu setelah Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah 2021 di desa tersebut, sehingga hasil Test Swab massal pada Kamis 17/06/2021 menyimpulkan sebanyak 60 orang positiv.

Kepala Desa Tanjungpura, Ujang Hartono mengatakan, hasil test swab massal yang digelar pada Kamis 17/06/2021 kemarin, total sebanyak 60 orang warga Desa Tanjungpura terdeteksi positif covid 19. Dari hasil pemantauan, terjadinya penularan covid 19 diketahui setelah adanya acara imtihan yang digelar seminggu setelah Lebaran Idul Fitri 2021di salah satu kampung di Desa Tanjungpura ini, maka dari itu kami menyebutnya kluster imtihan.

“Setelah diadakan test swab massal pada Kamis 17/06/2021 kemarin, sebanyak 60 orang warga dari 4 kampung di Desa Tanjungpura ini terdeteksi positif covid 19. Penularan covid 19 diketahui setelah adanya acara imtihan di salah satu kampung, maka kami menyebutnya kluster imtihan. Jumlah itu hingga per hari ini ya.” ungkap Ujang Hartono, saat dikunjungi kontenindonesia.com di kantornya, Jumat 18/06/2021.

Ke 4 kampung yang diserang wabah covid itu dikatakan Ujang, jumlah warga positifnya yakni di Kampung Narunggul ada 7 orang, Kampung Cibengan 22 orang, Kampung Cijambu 19 orang dan Kampung Jetung 7 orang. Saat ini Desa Tanjungpura terkesan zona merah covid 19 dengan jumlah 60 orang positiv.

“Jumlah 60 orang dari 4 kampung yang positif covid 19 itu yakni di Kampung Narunggul ada 7 orang, Kampung Cibengan 22 orang, Kampung Cijambu 19 orang dan Kampung Jetung ada 7 orang. Saat ini Desa Tanjungpura terkesan zona merah covid 19. Saat ini semuanya yang positif diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri terlebih dulu, yang positifnya di dominasi status Orang Tanpa Gejala (OTG).” katanya.

Ujang berujar, kami sangat berharap agar dimasa pandemi seperti sekarang – sekarang ini, seluruh warga Desa Tanjungpura bisa patuh terhadap aturan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sudah di anjurkan pemerintah. Selain untuk menjaga kesehatan diri masing – masing, hal tersebut juga untuk saling menjaga satu sama lain. Terutama bagi yang sudah ditetapkan positif covid 19, dimohon agar sadar diri untuk menjalankan isolasi mandiri, agar tidak terjadi penyebaran lebih banyak lagi.

“Dimasa pandemi seperti sekarang ini, kami sangat berharap agar seluruh warga Desa Tanjungpura bisa patuh terhadap aturan Prokes yang di anjurkan pemerintah. Itu untuk menjaga kesehatan diri masing – masing berikut untuk saling menjaga satu sama lainnya. Bagi yang sudah ditetapkan positif covid 19, agar sadar diri menjalani isolasi mandiri supaya tidak terjadi penyebaran lebih banyak lagi. Semoga semuanya kembali sembuh seperti sedia kala dan juga wabahnya cepat berlalu.” ujarnya.

Untuk diketahui, guna memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di seluruh wilayah Desa Tanjungpura, Pemeritah Desa (Pemdes) Tanjungpura menggelar penyemprotan desinpektan ke setiap pelosok kampung yang ada di desa tersebut pada Sabtu 19/06/2021.

 

Reporter : Deni