Dispendukcapil Ditinjau Bupati, Isnaini Dwi Susanti : Kami Harus Bahagiakan Masyarakat

oleh -102 views
Bupati Jember, Jawa Timur, Dr. Faida MMR (kanan), saat meninjau pelayanan di Dispendukcapil yang tersedia di Ruang RTH. Kamis 16/07/2020. Foto : Eveline Christanty

JEMBER – Bupati Jember, Jawa Timur (Jatim), Dr. Faida MMR, tinjau langsung pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang tersedia di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Gajah Mada, di Kecamatan Kaliwates, Jember. Kamis 16/07/2020.

“Pelayanan adminiatrasi kependudukan (Adminduk) yang dibuka di RTH ini, yakni bagi anak-anak atau masyarakat yang pertama kali membuat dokumen kependudukan. Khususnya anak-anak muda. Kami ingin RTH juga bisa dijadikan tempat pelayanan publik,” ungkap Dr. Faida, kepada sejumlah Wartawan di lokasi tinjauan tersebut.

Penggunaan RTH ini dikatakan Dr. Faida, dapat juga menjadi solusi untuk memecah antrian yang ada di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jember. Kurang lebih di wilayah kota masih ada sekitar 2.000 sasaran yang perlu dituntaskan.

“Kebanyakan dari mereka adalah pemula atau pembuat KTP pertama. Pelayanan adminduk ini juga untuk menghidupkan RTH, sehingga dapat juga menjadi panggung seni budaya dalam kondisi pshycal distancing. Alurnya sudah diatur. Supaya pujaseranya berjalan, pertunjukan jalan dengan penonton yang dibatasi, RTH nya juga dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak. Pelayanan di RTH juga melengkapi pelayanan adminduk yang selama ini telah berjalan di kantor kecamatan, pertokoan roxy, dan Dispendukcapil.” Terang Dr. Faida.

Di tempat berbeda, Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti menyampaikan, kedepannya pelayanan akan tetap dilakukan di RTH, walaupun tidak melakukan perekaman, pelayanan Informasi maupun pengajuan permasalahan tentang adminduk, akan tetapi kami tidak menerima berkas dengan waktu operasional pukul 08.00 – 11.00 WIB.

“Kepada seluruh masyarakat, jangan pernah merasa bahwa pengurusan asminduk itu susah atau rumit, mari kita rubah mindset kita, bahwa adminduk sangat dibutuhkan dan lakukanlah dengan gembira. Karena kami pihak Dispendukcapil harus membahagiakan masyarakat untuk mengurusi admindukcapil.” pungkas Isnaini Dwi Susanti.

Penulis : Eveline Christanty
Editor   : Deni