Gandeng Kejati Jabar Isi Ramadhan, Pemkot Tasikmalaya Gelar Lomba Hafidz Al-Quran

oleh -323 views
Jajaran Pemerintah Kota Tasikmalaya, Kejati Jabar dan Kemenag, saat berfoto bersama pada acara lomba hafidz al'quran. Foto : Tatang Hidayat

KOTA TASIKMALAYA – Mengisi keberlangsungan Bulan Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 ini, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat (Jabar) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya sengaja menggelar lomba Hafidz Al-Quran, di Bebek Goreng Harissa, Jalan Letjen Mashudi, Kota Tasikmalaya, Jabar, Sabtu 16/04/2022.

Acara keagamaan yang digelar mulai jam 09.00 WIB itu, tampak dihadiri oleh Sekda Kota Tasikmalaya, Drs. H. Ivan Dicksan, Kepala Kejati Jabar, Dr. H. Asep N Mulyana SH. Kem. Hum Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tasikmalaya Kota, AKBP Aszhari Kurniawan SH. S.I.K. M.Si, Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol. Inf. Ary Sutrisno S.I.P, Tokoh Agama dan juga Muspika stempat serta para peserta Hafidz Al- Quran.

Kepala Kejati Jabar, Dr. H. Asep N Mulyana SH. Kem. Hum mengatakan, ini adalah salah satu kegiatan kerjasama antara Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dengan pemerintah Kota Tasikmalaya dalam rangka lomba Hafidz Al-Quran, disamping memperingati nuzulul Quran juga memberikan semacam dorongan dan penguatan untuk pembinaan keagamaan pada anak-anak.

“Acara ini dilaksanakan selama 2 hari, kami dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mensuport dan mudah-mudahan kegiatan ini saya bekerjasama dengan Sekda dan temen-temen di pemerintahan kota akan menjadi kegiatan rutin, kegiatan yang berkesinambungan disamping kegiatan musabaqoh hafidz al-Quran yang dilaksanakan secara produktif,” ungkap Dr. H. Asep, disela-sela kegiatan tersebut.

Harapan kedepan dikatakan H. Asep, tentunya saya mengharafkan kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk memajukan masyarakat dibidang keagamaan, karena hal seperti ini sebagai pedoman hidup bahkan menjadi pegangan hidup, juga menjadikan masyarakat Tasikmalaya menjadi taat, agar kami bekerja bisa lebih mudah lagi, karena jika masyarakatnya sudah terbiasa kegiatan keagamaan, insya alloh akan semakin maju untuk Tasikmalaya.

“Saya mengharafkan agar kegiatan seperti ini menjadi salah satu upaya dalam memajukan masyarakat dibidang keagamaan, karena ini sebagai pedoman hidup bahkan menjadi pegangan hidup yang bisa menjadikan masyarakat Tasikmalaya menjadi taat, agar kami bisa lebih mudah lagi dalam bekerja. Jika masyarakat sudah terbiasa kegiatan keagamaan, insya alloh Tasikmalaya akan semakin maju,” katanya.

Sekda Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan juga mengatakan, ini adalah kegiatan Musabaqoh Al-Quran yang diselenggarakan bersama-sama antara Pemerintah Kota Tasikmalaya, Kementerian Agama (Kemendag) dan Kejaksaan Tinggi yang alhamdulillah didukung oleh pihak Kejati nya.

“Untuk pembinaan generasi muda banyak dari santri-santri dan anak-anak yang mewakili 10 kecamatan. Sampai saat ini pesertanya ada 60 orang, ada tiga cabang juga ini sebagai ajang bibit juga, karna kita juga akan rutin tiap ada MTQ dan STQ. Kita juga akan mempersiapkan kader-kader penerus,” kata H. Ivan Dicksan.

Mungkin ditambahkan H. Ivan Dicksan, ajang-ajang ini akan terus sering dilakukan sehingga akan memupuk kader-kader untuk Tahfidz dan Hafidz al-Quran di ajang MTQ dan STQ dan juga untuk mengisi bulan ramadhan sebagai berkah. Kegiatan ini baru dimulai ditahun ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan dengan semua Porkopimda.

“Kegiatan ini baru dimulai ditahun ini dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan dengan semua Porkopimda nantinya. Dengan harapan kedepannya kegiatan ini masih tetap berjalan rutinitas dan ini juga hasil diskusi mudah-mudahan bisa diagendakan lagi,” tambah H. Ivan Dicksan.

Sementara, Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kota Tasikmalaya, Encu Darsiwa juga mengatakan, kegiatan yang kita prakarsai ini adalah hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama lingkaran Kejaksaan dan Kemendag, intinya untuk memperluas syiar Islam terutama yang berkaitan dengan peningkatan generasi muda kita terhadap pemahaman isi dari al’Quran.

“Oleh karena itu diselenggarakan musabaqoh ini bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi. Alhamdulilah Kejati mempasilitasi kita untuk melaksanakan penyelenggaraan ini karena tempat ini adalah milik pak Kejati, kemudian kita dukung secara teknis oleh Kemendag inipun atas ijin dari pak Walikota Tasikmalaya. Mudah-mudahan kegiatan ini rutin dilaksanakan pada bulan ramadhan dan menjadi salah satu ciri khas KotaTasikmalaya, karna yang akan menjadi juara ini akan jadi aset Kota Tasikmalaya,” katanya.

 

 

Reporter : Tatang Hidayat
Editor : Deni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.