Intitut Agama Islam Darussalam Gelar Studium Generale

oleh -170 views

KAB.CIAMIS – Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis mengadakan Studium Generale, Selasa (24/12/2019). Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Wisuda Program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) tahun 2019.

Acara diadakan di Aula Nadwatul Ummah (NU) Pontren Darussalam Ciamis, dengan pembicara utama Prof. Dr. H. Abdul Karim, M.A (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta) dengan tema “Umat Islam Menghadapi Tantangan Global Masa Kini dan Masa Mendatang”

.

Direktur 1 Pondok Pesantren Darussalam  Dr. H. Hasan Bisri
Dikatakan Direktur 1 Pondok Pesantren Darussalam  Dr. H. Hasan Bisri, dalam ulasannya Prof. Dr. H. Abdul Karim, M.A menerangkan bagaimana memahami dinamika perkembangan peradaban Islam dalam konteks narasi tantangan global.

“Ekspansi sejarah dimasa lalu dijadikan refleksi untuk masa kini dan sebagai bahan dasar untuk merumuskan dan mempersiapkan diri dalam menyongsong masa depan”,jelasnya.

Hadir dalam acara ini Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, seluruh dosen,seluruh pimpinan, Ibu Rektor, para Wakil Rektor, para dekan dan wisudawan Program Sarjana (S1), Program Pascasarjana (S2).

Pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis dalam sambutannya menyampaikan harapannya untuk para wisudawan/wisudawati bahwa hari ini diwisuda, besok dapat langsung mengimplementasikan keahliannya di masyaraka.

“Sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Ciamis 2019 – 2024, menginginkan masyarakat Kabupaten Ciamis Sehat dan Pandai ini semua perlu kerja sama dan kerja keras semua elemen masyarakat termasuk Civitas Akademika Perguruan Tinggi di Kabupaten Ciamis”,tandasnya.

Direktur 1 Pondok Pesantren Darussalam  Dr. H. Hasan Bisri
Pada acara yang dihadiri oleh 273 wisudawan tersebut, H. Hasan Bisri berpesan pada peserta Studium Generale untuk melihat fakta 5 orientasi Pendidikan Tinggi Islam, yaitu : Pertama,  Pusat ilmu keislaman. Kedua, Produser ilmuan Islam. Ketiga, Perisai terhadap nilai-nilai keislaman, bukan sebagai perusak Islam. Keempat, Menjadi cahaya bagi pesan-pesan keislaman. Kelima, Menjadi pusat peradaban Islam.

Penulis : Jefri