Kades Harapkan Masyarakat Bisa Menikmati Hasil Pembangunan

oleh -63 views
Dede Engkuh, Kades Sukamaju, Kecamatan Panumbangan, Kab Ciamis bersama tiga orang staffnya, Kamis 13 Juli 2017. Konten Jabar / Wawan K . Sendi F

CIAMIS – Program bantuan Dana Desa (DD) tahun 2017 ini yang tengah di alokasikan Pemerintah  Desa Sukamaju, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar), yakni terhadap lima titik kegiatan, pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) dengan volume 50 meter kali 5 meter dan lebar rata-rata 60 cm yang beralokasi di Dusun Desa Sukamaju. Titik pekerjaan ke duanya yaitu pengaspalan di Dusun Cikujang Kulon, yang volume awalnya 400 meter tapi dengan kenyataan 475 meter dengan lebar 2,5 meter, yang ketebalan di rata-ratakan 5 cm. Serta titik ke tiganya yakni pembangunan jembatan lintasan Cibaruyan yang merupakan akses jalan usaha tani, dengan volume Panjang 16 Meter tinggi 3 meter lebar 1,35 meter, yang sekaligus  pembangunan TPTnya. Ucap Dede Engkuh, Kades Sukamaju tersebut saat di jumpai Kontenjabar.com di ruang kerjanya, Kamis 13 Juli 2017.

Kemudian kata Dede, untuk titik ke empatnya yaitu pembangunan rabat beton jalan di Dusun Sukamaju Hilir di desa ini, dengan volume panjang 200 meter kali 2,5 meter, dan untuk titik yang ke lima pembangunan saluran irigasi di Dusun Cibulakan. Jumlah dana bantuan yang kami terima dari program Dana Desa tahap satu tahun 2017 ini, sekitar Lima Ratus Empat Juta Empat Puluh Sembilan Ribu Dua Ratus. Katanya.

Di katakan Dede, untuk bantuan pengalokasian Dana Desa di Desa Sukamaju ini, sudah di tempuh sesui prosodur. Namun yang menjadi kendala saat ini, yakni untuk adanya swadaya cukup susah, dan kami pun menyadari  mungkin kami dengan seluruh jajaran pemerintah desa atau lembaga desa kami ini akan tetap menempuh sesuai dengan spek yang sudah di rencakan,  agar masyarakat hususnya di Desa Sukamaju ini dapat merasakan dan menikmati hasil pembangunan yang di laksanakan dan sudah di bangun.

“Kami berharap, pembangunan atau program yang akan di jalankan ataupun yang sudah di jalankan dan sudah selesai, semoga hasilnya bisa di nikmati dan di rasakan masyarakat terutama di bidang kelancaran roda perekonomian dan pendidikan,” ungkap Dede yang saat itu di dampingi Ketua BPD.

Sementara, Ketua BPD yang di damping  Ketua PPK menuturkan, mudah-mudahan kami sebagai ketua BPD Desa Sukamaju ini slalu dapat mengawasi setiap program pembangunan di desa kami ini, dan juga kamipun bersyukur mengenai pembangunan di suatu titik sudah selesai, semoga secara langsung dapat di rasakan oleh masyarakat,untuk mempermudah jalanya peningkatan perekonomian maupun di bidang pertanian. Apalagi setelah selesainya pembangunan jalan jembatan tersebut. pungkasnya.

(Wawan Kurniawan / Sendi Fitriana)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com