Kunjungan Sekber Wartawan Ke Diskarpus, Berlangsun Tanya Jawab dan Usulan Cukup Hangat

oleh -58 views
Sejumlah pengurus dan anggota Sekber Wartawan Kota Depok, saat berkunjung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok. Selasa, 13/02/2018. KONTEN INDONEAIA / Tineke Nicolas

KOTA DEPOK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), sangat memprioritaskan dalam menangani dua urusan wajib dan pelayanan dasar, yakni urusan Kearsipan dan Perpustakaan. Kata Siti Chaerijah, Kepala Diskarpus, saat menerima kunjungan Sekber Wartawan Kota Depok di ruang Teater kantor Diskarpus Kota Depok. Selasa, 13/02/2018.

Tahun ini, kata Siti, Diskarpus akan melakukan kegiatan akuisisi arsip, mengingat bidang Kearsipan akan menempati Gedung Baru yang berlantai empat. Yang nantinya, lantai satu untuk pelayanan, lantai dua adalah kantor, sementara lantai tiga dan empat untuk Depo Arsip.

“Jadi, arsip yang sudah statis di dinas-dinas, akan diserahkan ke Depo Arsip. Selama ini karena masih belum ada Depo Arsip, arsip-arsip itu menjadi tanggungjawab Dinas” jelas Siti.

Disinggung perihal program gemar membaca, Siti mengatakan, untuk perpustakaan keliling dengan adanya tiga unit mobil perpustakaan, targetnya di tahun ini sebanyak 450 titik. Hal ini, tentunya untuk bisa lebih menjangkau masyarakat Kota Depok yang jauh dari pusat-pusat bacaan. Selain itu, Diskarpus akan terus menyediakan buku-buku bacaan berkualitas, mulai dari satra hingga pengetahuan popular.

“Setiap ada kegiatan masyarakat kita inginya berkolaborasi dan beraksi untuk sama sama bergerak. Selama kami mendapatkan informasi terkait hambatan dalam membaca, perpustakaan keliling akan hadir disitu. ” katanya.

Siti menambahkan, selain terus menggalakkan kunjungan perpustakaan keliling, pihak Diskarpus juga terus melalukan berbagai upaya lain guna mendukung program gemar membaca di masyarakat. Salah satunya dalam melakukan gerakan literasi ke sekolah-sekolah, sehingga bisa tumbuh budaya membaca di masyarakat sejak usia dini.

“Dengan gerakan literasi, diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk turut berpartisifasi aktif dalam semangat gerakan membaca. ” pungkas.

Seperti diiketahui, suasana keakraban menyelimuti pertemuan kedua belah pihak itu. Selain berlangsun tanya jawab, usulan dan diskusi juga berlangsung cukup hangat.

 

 

 

 

Penulis : Tineke Nicolas
Editor : Deni