Was-was Ketika Terkena Flu, Berikut Ciri Perbedaan Virus Omicron dan Flu Biasa

oleh -294 views
Seorang wanita saat terkena Influenza atau flu. Foto : Alodekter.com

JAKARTA – Virus Covid-19 dengan varian Omicron banyak disebut tidak memiliki tingkat keparahan layaknya varian Delta. Gejala Omicron sendiri bahkan dianggap mirip dengan flu biasa.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali agar Anda semua bisa membedakan kapan saat Anda diserang flu atau diserang Omicron. Ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan bagi Anda.

Central for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, beberapa waktu lalu telah mengeluarkan sejumlah laporan terkait gejala Omicron pada akhir tahun lalu.

Berikut daftarnya, seperti dilansir CNBC Indonesia pada Sabtu 19/2/2022 :

1. Batuk 89%

2. Mudah lelah 65%

3. Hidung tersumbat atau rirone 59%

4. Demam 38%

5. Mual atau muntah 22%

6. Sesak nafas 16%

7. Diare 11%

8. Anosmia atau ageusia 8%

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Infeksi Pengurus Pusat Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan menjelaskan, saat Anda terserang flu, jarang disertai dengan nyeri tenggorokan atau tenggorokan gatal. Sementara Dua gejala tersebut banyak ditemukan pada varian Omicron.

“Gejala yang khas pada omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeri tenggorokan, terutama tenggorokan gatal. Memang sedikit mirip dengan [gejala] flu,” jelas Erlina, dalam Seminar Daring berjudul “Super-immunity and Implication on New Variant of Covid-19”, beberapa waktu lalu.

Namun dikatakan Erlin, jarang flu itu hingga nyeri tenggorokan dan jarang juga tenggorokan gatal, flu biasanya adalah pilek dan kadang-kadang disertai batuk. Sebagian besar gejala klinis pada Omicron ringan dan bahkan tidak bergejala.

“Meski sebagian gejala Omicron bersifat ringan, risiko lebih besar mengintai lansia, orang yang belum pernah divaksin, mereka yang punya komorbid dan anak-anak. Kelompok ini berisiko mengalami gejala yang lebih berat ketika terinfeksi Omicron.” Katanya.

 

Sumber : CNBC Indonesia
Editor : Deni