Momentum Emas Tahun Baru Islam, Pemdes Sukaraharja Santuni Anak Yatim Piatu

oleh -128 views
Sejumlah anak yatim piatu saat berfoto di atas panggung, usai pembagian santunan yang digelar Pemdes Sukaraharja, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Sabtu 05/09/2020 pagi. Foto : Rizam

TASIKMALAYA – Bertajuk “Dengan Tahun Baru Hijriyah Mari Kita Tingkatkan Kebaikan Antar Sesama”, Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, yang diisi acara Tabligh Akbar dan Santunan Anak Yatim Piatu digelar Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaraharja, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Sabtu 05/09/2020 pagi.

Momentum Gema Muharam yang menjadi momentum emas bagi para umat Islam dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT itu, digelar di Halaman Pemerintah Desa Sukaraharja.

Farid Zaelani S.Kom, Kepala Desa Sukaraharja tersebut mengatakan, Bulan Muharram adalah Bulan Tarbiyah, yakni Bulan Sakral dan satu di antara Empat Bulan yang di wajibkan Allah SWT kepada hambanya untuk menghormati bulannya.

“Makanya Pemdes Sukaraharja sengaja menggelar acara Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, yang diisi acara Tabligh Akbar dan Santunan Anak Yatim Piatu. Karena hal itu adalah perbuatan yang baik.” Kata Farid, saat di wawancara kontenindonesia.com dilokasi acara.

Farid berharap, pada momentum Peringatan Gema Muharam ini, mudah-mudahan pemberian santunannya bisa membahagiakan anak-anak yatim piatu di wilayah Desa Sukaraharja. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, barang siapa yang memberikan Santunan kepada anak yatim piatu di Bulan Muharam, Insya Allah akan mendapatkan Pahala.

“Santunan Yatim Piatu ini sengaja dilaksanakan dalam rangka wujud ucap syukur penuh berkah dan bisa berbagi. Perjalanan Santunan Anak Yatim Piatu ini sudah berjalan 7 tahun, dari skala Santunan kecil-kecilan sampai sekarang ini Santunan Anak Yatim Piatu bisa dilaksanakan Gebyar Se-Desa Sukaraharja.” Katanya.

Kami dikatakan Farid, berkeinginan agar kegiatan tersebut dapat dijadikan sebuah kebiasaan dalam hidup. Sebab, kemuliaan di Bulan Muharram sangatlah melimpah, salah satunya yang paling banyak barokahnya yakni memberikan santunan kepada Anak Yatim Piatu.

“Meskipun sekarang ini dalam situasi wabah pandemi Corona atau Covid-19, sama sekali tidak menyurutkan niat para Aghnia, Tokoh Masyarakat dan Para ‘Alim Ulama yang ada di wilayah Desa Sukaraharja untuk berbagi dengan sesama. Kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu di Desa Sukaraharja ini tetap dengan menjalankan Protokol Kesehatan sebagaimana yang telah di tetapkan oleh Pemerintah.

Reporter : Rizam
Editor      : Deni