Musrenbangdes Pasirmukti. Kasipem : Jika Ada Masukan Untuk Mengkritik, Beri Surat Kepada Kepala Desa

oleh -95 views
Sejumlah pihak saat menghadiri acara Musrenbangdes di Desa Pasirmukti, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya. Rabu, 31/10/2018. Foto : Ariyanto Prasetyo / Tatang Hidayat 

KAB TASIKMALAYA – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang digelar Pemerintah Desa Pasirmukti, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tampak berjalan mulus dengan dihadiri sejumlah pihak yang terkait di wilayah tersebut. Rabu, 31/10/2018 pagi.

Berlangsungnya acara Musrenbangdes tersebut, selain dihadiri langsung oleh Kepala Desa Pasirmukti dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) desa, juga dihadiri Sekretaris Kecamatan (Sekmat) berikut Kasipem Kecamatan Cineam, serta Babinsa dan para Tokoh Masyarakat.

H. Dedeng Spdi, Kepala Desa Pasirmukti mengatakan, penyelenggaraan pembangunan di Desa Pasirmukti, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, menjadikan ujung tombak program kegiatan yang bersipat terencana, hal itu sebagaimana dari adanya ajuan pihak pemerintah Desa Pasirmukti sendiri.

“Untuk segala program kerja pembangunan yang ada dan berjalan di Desa Pasirmukti ini, itu adalah salah satu alur dari adanya kegiatan Musrenbangdes, berikut untuk perencanaan program pembangunan tahun 2020. Dengan berbagai kekurangan ataupun kelebihan yang ada, mari kita sama-sama bicarakan semuanya dari sekarang guna menghadirkan solusi dalam rencana pembangunan nantinya.” ungkap H. Dedeng, saat dikunjungi Kontenindonesia.com disela-sela kegiatan Musrenbangdes. Rabu, 31/10/2018.

Sementara itu, H. Dodi Ajat Sudrajat, Sekmat Cineam mengungkapkan, digelarnya Musrenbangdes di Desa Pasirmukti ini, merupakan salah satu solusi yang bagus guna perencanaan sebelumnya untuk menghasilkan program kerja desa yang baik.

“Maka dari itu, masyarakat agar segera mengajukan rencana-rencana untuk pembangunannya dari sekarang, agar pengajuannya bisa dimasukkan dalam agenda rencana pembangunan nantinya. Hal ini sangat baik demi kepentingan lingkungan dan masyarakat. Maka sangat baik saat ini kita mengadakan musyawarah untuk mufakat.” kata H. Dodi, disela-sela acara tersebut.

Kasipem Kecamatan Cineam, A. Azis Riswandi, juga mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu landasan dalam pancasila, yakni pada sila ke 4. Mohon kepada pihak BPD juga, pungsi dari anggarannya diminta untuk mentaati poksi-poksi aturan dari APBD Provinsi, BPD juga harus diperkuat.

“Jadi jika ada suatu masukan dari para pihak untuk mengkritik, agar segera membuat surat langsung ditujukan kepada kepala desa setempat. Sehingga dapat untuk segera memecahkan segala duduk permasalahannya.” terangnya.

 

 

 

Reporter : Ariyanto Prasetyo / Tatang Hidayat
Editor      : Deni