Antisipasi Peredaran Berita Hoax, Danrem 061/SK Gelar Silaturahmi Dengan Insan Pers

oleh -80 views
Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, Komandan Korem (Danrem) 061/SK, saat berbicara di podium acara silaturahmi, di Aula Korem 061/SK, Jalan Merdeka, Nomor 64, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamis, 21/02/2019. Foto : Istimewa

KOTA BOGOR – Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kancana (SK), Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, gelar acara silaturahmi dengan Insan Pers (Wartawan) sewilayah Korem 061/SK. Acara tersebut bertempat di Aula Korem 061/SK, Jalan Merdeka, Nomor 64, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamis, 21/02/2019.

Ibrahim Hermawan S.I.Kom (kedua kiri), bersama jajarannya, saat menghadiri acara silaturahmi yang digelar Danrem 061/SK. Foto : Istimewa

Selain dihadiri langsung Danrem 061/SK bersama sejumlah jajaran anggotanya, kehadiran puluhan Insan Pers sewilayah Korem 061/SK dari berbagai media cetak, elektronik dan online, dan juga para ketua Organisasi Wartawan yakni Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Korwil Kota Bogor, IWO Bogor Raya, Pokjawan Kota Bogor dan sejumlah perwakilan organisasi lainnya, cukup terlihat memenuhi ruangan acara.

Danrem 061/SK, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, mengajak seluruh Awak Media (Wartawan) khususnya yang ada diwilayah Korem 061/SK, untuk terlibat dalam mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoax. Mengingat selama ini cukup banyak berita bohong yang beredar di masyarakat.

“Saya mengajak semua rekan-rekan dari media dan seluruh elemen yang ada di wilayah Korem 061/SK, untuk bersama-sama memerangi Berita Bohong atau Hoax, karena Hoax itu sangat mengganggu pikiran. Jangan sampai menjadi budaya baru bagi kita,” ungakap Kolonel Inf Novi, saat berbicara di podium acara. Kamis, 21/02/2019.

Danrem menegaskan, adapun langkah partama yang akan dilakun dalam memerangi Hoax, itu dimulai dari interen terlebih dahulu.

“Langkah awal untuk memerangi hoax, tentu didalamnya dulu dari anggota, baru keluar. Kita monitor dan di beri pengertian janggan sampai membuat berita berita bohong apa yang dinamakan Hoax itu,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Danrem juga mengatakan, pihaknya akan menciptakan suasana yang aman, harmonis dan nyaman dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres nanti.

“Dalam menjelang Pileg dan Pilpres nanti, saya juga mengajak wartawan untuk sama-sama membantu, mengisi dan menjaga serta mewujudkan situasi yang aman, harmonis dan damai khususnya diwilayah Korem 061/SK,” ujarnya.

Disamping itu, masih kata Danrem, pada semester 1 dan 2 yakni pada bulan Juni dan Desember, Korem 061/Sk akan menyelenggarakan Surya Kancana Award. Hal tersebut guna memberikan apresiasi dan penghargaan bagi Babinsa, Dandim S
serta Danramil diwilayah Korem 061/SK yang berprestasi juga bagi para awak media, baik cetak, elektronik maupun online.

“Dalam melaksanakan tugas, kita juga memberikan Reward dan Punishment. Dalam arti, bagi anggota jajaran yang berprestasi kita berikan reword. Sedangkan yang menyalahi aturan, atau melanggar hukum kita akan berikan punishment sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Danrem.

Sementara itu, Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Korwil Kota Bogor, Ibrahim Hermawan S.I.Kom, mengapresiasi sinergi yang sudah terbentuk antara Korem 061/SK dan Insan Pers. Ia mengatakan, melalui sinergi ini, tentu akan mempermudah tugas masing-masing pihak.

“Tentu saat di lapangan nanti kami bisa saling berkoordinasi, terutama dalam berbagai kegiatan Jajaran Korem 061/Sk,” singkat Ibrahim.

Acara silahturahmi dan yang digelar Korem 061/SK itu, juga diharapkan mampu menjaga sinergi dengan media massa dalam ketahanan informasi. Sehingga para insan pers khususnya yang tergabung di FPII Korwil Kota Bogor, dapat menyajikan informasi yang lebih akurat dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

 

Sumber : 87Onlinenews.com
Editor    : Deni