Bendungan Berusia Ratusan Tahun Ini, Merupakan Peninggalan Jaman Belanda

oleh -191 views
Bendung Cisokan yang merupakan peninggalan jaman Belanda, berada di wilayah Desa Sukarama, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Konten Jabar / Koswara

CIANJUR – Bendung Cisokan yang berada di wilayah Desa Sukarama, Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar) yang merupakan salah satu bendungan peninggalan pada jaman Belanda.

Bendungan Cisokan tersebut yang menurut sejumlah informasi sudah berusia sekitar kurang lebih 100 tahun itu, terletak sekitar 30 km ke arah tenggara dari pusat Kota Cianjur. Bahkan, bendungan yang merupakan salah satu peninggalan jaman Belanda itu, sempat di buat kembali atau di perbaharui pada tahun 1897 silam.

Pantauan awak media Kontenjabar.com pada 28 Juni 2017, kondisinya Bendungan Cisokan itu terlihat masih kokoh, bahkan ke kokohan bendungan itu bisa di perkirakan bertahan hingga 50 tahun ke depan.

Di ketahui, akses jalan menuju Bendung Cisokan itu tidak bisa di lewati kendaraan Roda 4, pasalnya, jalur jalan menuju lokasi itu cukup kecil yang hanya bisa di lewati oleh roda 2 (Motor). Bendung Cisokan merupakan sumber pengairan utama bagi kurang lebih 5.484 Hektare sawah di wilayah dataran Cihea, yang tepatnya di 18 desa termasuk 3 kecamatan, yakni Kecamatan Bojong picung, Kec Ciranjang dan Kec Haurwangi, di Kab Cianjur tersebut.

(Koswara)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com