Buntut Penyebaran Berita Bohong, Ratna Sarumpaet Akhirnya Resmi Ditahan Di Mapolda Metro Jaya

oleh -93 views
Kobes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya, saat menerangkan penahanan Ratna Sarumpaet, akibat penyebaran berita bohong (hoax) sekaligus menunjukan Surat Perintah Penahanan Nomor SPH/925/10/2018 Ditreskrimum Polda Metro Jaya, di Mapolda Metro Jaya. Jum’at, 05/10/2018. Foto : Mediapurnapolri.com

JAKARTA – Akibat melakukan penyebaran berita bohong (hoax) di media sosial terkait adanya penganiayaan oleh beberapa orang tak dikenal terhadap dirinya, aktivis Ratna Sarumpaet, akhirnya resmi ditahan jajaran Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di Rumah Tahanan (Rutan) Mapolda Metro Jaya, Jakarta. Jum’at, 05/10/2018.

Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan, alasan tim penyidik melakukan penahanan terhadap aktivis Ratna Sarumpaet yang merupakan ibu dari salah seorang artis wanita berinisial AH selama 20 hari kedepan di rutan Mapolda Metro Jaya, hal itu untuk mengantisipasi agar tersangka tidak lari, menghilangkan barang bukti dan lain-lain.

“Alasannya subjektivitas penyidik, jangan sampai melarikan diri, jangan sampai mengulangi perbuatan dan menghilangkan barang bukti,” kata Argo Yuwono, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Argo Yuwono, tidak bisa memberikan secara rinci terkait hasil pemeriksaan Ratna Sarumpaet, yang dilakukan sejak ditangkapnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Kamis, 04/10/2018 malam.

“Nanti ya,,, itu adalah untuk keterangan yang bersangkutan. Jadi kita belum bisa menyampaikan secara rinci. Itu kan memang pasal pengecualian,” Terang Argo.

Penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, resmi menahan Ratna Sarumpaet selama 20 hari kedepan di rutan Mapolda Metro Jaya, setelah sebelumnya melakukan penangkapan dan pemeriksaan selama kurang lebih 1×24 jam.

“Setelah melakukan penangkapan, mulai malam ini tim penyidik melakukan penahanan. Dengan surat perintah penahanan nomor SPH / 925 / 10 / 2018 Ditreskrimum Polda Metro Jaya. dimulai malam ini dilakukan penahanan. Yang bersangkutan tersangka sudah menandatanganinya,” Jelas Argo.

Gencar diberitakan media massa sebelumnya, aktivis Ratna Sarumpaet yang diduga telah menyampaikan berita hoax penganiayaan dirinya, diringkus di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, saat dirinya hendak terbang ke Chile, Turki. Kamis, 04/10/2018.

Untuk diketahui, Ratna Sarumpaet yang sebelumnya mengaku dianiaya oleh sejumlah orang di Bandung, Jawa Barat, pada 21 September 2018 lalu, akhirnya buka suara. Ratna mengakui bahwa kabar tersebut adalah bohong dan tidak pernah dianiaya. Wajah lebam yang didapatinya bukan karena dianiaya, melainkan akibat operasi yang dijalaninya di Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika, Jakarta. ***

 

 

 

Sumber : Mediapurnapolri.com
Editor    : Deni