Guna Pendidikan Karakter Bela NKRI, UNHAN Gelar Seminar Sistem Pertahanan Negara

oleh -55 views
Jajaran Universitas Pertahanan (Uhan), saat menggelar Seminar Nasional Sistem Pertahanan Negara, di Gedung Auditorium, Kampus Uhan, IPSC Sentul, Kab Bogor. Kamis, 14 Desember 2017. KONTEN INDONESIA / Ibra Hermawan

KAB BOGOR – Universitas Pertahanan (Unhan), gelar Seminar Nasional Sistem Pertahanan Negara “Call For Papers” dengan tema, “Membangun Karakter Bangsa melalui Pendidikan Bela Negara Dalam Menghadapi Ancaman Nyata”.

Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada Kamis,14 hingga Jum’at 15 Desember 2017, di Gedung Auditorium Kampus Unhan, Kawasan IPSC Sentul, Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhan, Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M. Phil yang juga selaku Keynote Speaker menuturkan, Esensi Kesadaran Bela Negara hakekatnya untuk membentuk Anak Bangsa yang berkarakter dan memiliki kesadaran sikap dan perilaku, yang menjunjung tinggi pentingnya aktualisasi nilai-nilai luhur bela negara, yakni Cinta Tanah Air, Sadar berbangsa dan bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara, serta mempunyai kemampuan awal bela NKRI, baik psikis maupun fisik.

“Melalui kesadaran bela Negara tersebut, dapat membangun karakter anak Bangsa Indonesia yang disiplin, optimisme, taat hukum, pekerja keras, serta melaksanakan sesuai perintah agamanya masing-masing. Sehingga pada akhirnya, adanya tekad, sikap dan perilaku dan kesadaran untuk membela Bangsa dan Negaranya, bisa di dasari oleh kebanggaan dan kecintaannya yang tulus dan mendalam dari seluruh komponen terhadap Bangsa dan Negara,” kata Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, disela-sela acara tersebut.

Menurutnya, seminar nasional berbagai sistem pertahanan negara yang diselenggarakan Universitas Pertahanan, yakni sebagai sarana untuk melakukan diskusi komprehensif secara akademik guna mengembangkan wawasan pertahanan, yang diperoleh secara teori maupun empirik untuk mewujudkan visi yang sama tentang sistem pertahanan negara.

“Seminar Nasional kali ini, menghadirkan 5 orang Reviewer diantaranya, Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar, Apt (ITB), Prof. Dr. Ir. Noer Azzam Achsani, MS (IPB), ketiga Prof. Purwo Santoso, P.Hd dari UGM, Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc dari IPB,  Dr. Nur Iman Subono, M.Hum dari UI.” katanya.

Disamping itu, kata Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, kegiatan ini diikuti 33 orang peserta “Call For Papers” yang dibagi menjadi dua sesi diantaranya, 17 Finalis Mahasiswa di hari pertama yaitu sdr. Aris Arif Mundayat, P.hd, Dr. Posma Sarigama, Dr. Sutrimo, Dr. Rahmat Fadli, Dr. Ir. Yanif Dwi Kuntjoro, M.Si, Dr. Fatkhul Muin, SH., LL.M, Dr. Mhd Halkis, Laode Muhamad Fathun, Raden Mas Jerry Indrawan, M.Si (Han), Dr. Willfridus Demetrius Siga, Dr. Rudy Agus Gemilang Gultom, Dr. Saiful, S.Pd., M.Si, Novky Asmoro, M.Si (Han), Dr. Rahmat Fadli, Harlis Setiyowati, Drs. M. Nasir Basyah, M.Si, Agnes Ratih Ari.

Selain itu, ditambah 16 Finalis Dosen di hari keduanya, yakni Sdr. Eman Sukmana, Sugandi, Uswatun Hasanah, Musdalifah Rahman, Sri Hidayati, Ratna Dyah Suryaratri, Fatih Rahma Luthfiana, Irwan Putra, Andi Mangeppe Manggabarani, Ahmad Nubli Gadeng, Rani Agustiani, Hillariana Ikhlas Devani S.K.Pm, Maskarto Lucky Nara Rosmadi, Meitty Josephin Balontia, Hasbi Ali, May May Maysarah.

“Seminar itu juga dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II, III dan IV di lingkungan Unhan serta tamu undangan lainnya.” pungkasnya.
(Ibra Hermawan)

 

 

 

Kontenindonesia.com