H+2 Idul Fitri 1439 Hijriah, Jalan Raya Nasional Rajapolah Terdampak Ekor Macet Kendaraan

oleh -170 views
Kondisi pada saat macet total dan padatnya arus lalu lintas kendaraan dari Tasikmalaya menuju Bandung dan sekitarnya, di Jalan Raya Rajapolah termasuk Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Minggu, 17/06/2018 malam. KONTEN INDONESIA / Deni

KAB TASIKMALAYA – Meskipun pada hari-hari sebelumnya menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah (Lebaran) tidak mengalami kendala kemacetan arus lalu lintas, jalur Jalan Raya Nasional Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) terjadi macet total kendaraan pada arus balik H+2 (2 hari setelah lebaran) yang diperkirakan dimulai pukul 09.00 WIB. Minggu, 17/06/2018.

Kondisi panjang dan padatnya antrian kendaraan yang terpantau Awak Media Kontenindonesia.com di area Jalan Raya Rajapolah tersebut, kendaraan-kendaraan yang terjebak macet hanya bisa bergerak per 30 menit sekali.

Menurut sejumlah informasi yang berhasil dihimpun, macet kendaraan terbilang total di jalur jalan tersebut yang diperkirakan dimulai pukul 09.00 WIB. Minggu, 17/06/2018 malam itu, berangsur lancar sekitar pukul 12.30 WIB.

Ipin, salah seorang pemilik warung yang sering buka selama 24 jam di pinggir Jalan Raya Rajapolah tersebut, tepatnya di area pangkalan ojeg Ciinjuk, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, macet totalnya diperkirakan dari jam 09.00 WIB, soalnya setelah saya dari rumah dan beranjak ke depan (Warung), antrian panjang kendaraannya sudah panjang, kendaraannnya hanya bisa bergerak melaju kurang lebih per 20 menit sekali. Ada juga sopir yang ngantuk dan ketiduran ketika menunggu macetnya, sampai beberapa kali diberi klakson sama kendaraan yang dibelakangnya. Macetnya kembali lancar sekitar pukul 12.30 WIB.

“Macetnya diperkirakan mulai jam 09.00 WIB. Lumayan panjang antrian kendaraannya, pas macet melajunya kendaraan mungkin 20 menit sekali lah. Ada sopir yang ketiduran juga, sampe di klason-klakson sama kendaraan yang dibelakangnya. Kembali lancar lajunya kendaraan sekitar jam 12.30 an.” kata Ipin, saat ditanya Kontenindonesia.com. Senin, 18/06/2018.

Hal tersebut juga dikatakan salah seorang wanita yang enggan menyebut namanya, iya bener,,, malam tadi terjadi macet total kurang lebih 3 jam di Jalan Raya Rajapolah ini, pas Saya ada perlu naik motor berangkat ke Rajapolah sekitar pukul 09.00 WIB, antrian kendaraannya sudah panjang banget. Bahkan salah satu bis umum yang menuju arah bandung yang saat Saya lewat, masih di jalan raya depan Kantor Polisi Rajapolah, satu jam kemudian pas saya pulangnya, bisnya masih ada hanya geser laju sekitar 200 meteran ke arah tujunya.

“Iya benar terjadi macet lumayan total tadi malam, kayanya mulai macet itu sekitar pukul 09.00 WIB. Pas Saya ada perlu ke arah Rajapolah saja, salah satu bis umum yang menuju arah bandung yang asalnya ngantri macet di depan Kantor Polsek Rajapolah, ketika Saya pulang dari Rajapolah sekitar 1 Jam kemudian, bisnya itu masih ada di area jalan Raya ini. Diperkirakan bisnya hanya geser 200 meteran lah selama satu jam itu. Kalo persis lancar kembali macetnya Saya kurang tau, cuma Sekitar pukul 11 an pas Saya keluar, terlihat bergerak-bergerak macetnya,” kata wanita yang rumahnya berada dipinggir jalan raya tersebut, yang enggan dipublikasikan namanya itu. Senin, 18/06/2018.

Pantauan arus lalu lintas kendaraan di jalur Jalan Raya Nasional area tersebut hingga berita ini diturunkan, sekitar pukul 11.30 WIB, arah Tasikmalaya menuju Bandung kembali terjadi macet dengan kondisi padat merayap yang sesekali tersendat cukup lama. Sebaliknya dengan arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Tasikmalaya dan sekitarnya, terlihat berkondisi lancar, meski sering sedikit tersendat dengan kendaraan-kendaraan yang berusaha menghindari macet dengan memutar arah balik kendaraan.

Sejumlah informasi yang berhasil diterima Redaksi Kontenindonesia.com dari berbagai sumber, kemacetan maupun kepadatan arus lalu lintas arah Bandung dan sekitarnya, yang saat ini masih berekor di wilayah Jalan Raya Rajapolah, Tasikmalaya. Panjangnya antrian padat kendaraannya disinyalir dari mulai Jalan Raya Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan disinyalir hingga Jalan Raya Malangbong, Garut, yang tidak menutup kemungkinan hingga Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung, dengan kendala keluar masuknya kendaraan dari berbagai titik jalan, SPBU, dan juga Rumah Makan.

 

 

 

Penulis : Deni