Ini 5 Dosa Manusia, Versi Ceramah Idul Fitri di Mesjid Jami Baitul Muslimin

oleh -54 views
Sejumlah umat muslim saat menunaikan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H di Mesjid Jami Baitul Muslimin, Kampung Nata Endah, RT 02/10, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), Minggu 25 Juni2017. Konten Jabar / Muhamad Taufik

BANDUNG BARAT – Sejumlah umat muslim berbondong-bondong menunaikan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H di Mesjid Jami  Baitul Muslimin, di Kampung Nata Endah, RT 02/10, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), Minggu 25 Juni2017.

Shalat tersebut yang di pimpin langsung Imam bernama Ustad Uban dan penceramah Ustad Ali Murtado (Ketua MUI) Desa singajaya tersebut, usai pelaksanaan shalat berjamaah sempat menyampaikan tentang 5 hal dosa yang di lakukan manusia.

Di katakan Ustad Ali pada saat ceramahnya, dosa yang pertama yakni kepada Allah SWT, dari segala prilakunya yang salah. Pagi-pagi sudah melakukan dosa, siang hari melakukan dosa dan sudah malampun masih banyak yang membuat dosa. Kapan mau bertobatnya kalo prilaku itu masih saja di lakukan. Jelas Ali saat ceramahnya di Mesjid Jami  Baitul Muslimin tersebut, Minggu 25 Juni 2017.

Dosa yang kedua, kata Ali, yakni dosa kepada Ibu dan Bapaknya, karena selaku Ibu dan Bapak semuanya banyak berjasa. Coba bayangkan oleh kalian semua tentang jasanya yang menjadi seorang ibu, dari pertama setiap manusia di kandung oleh ibunya dan sampai di lahirkan ke alam dunia, semuanya sudah menyusahkan, bahkan banyak seorang ibu yang meninggal dunia demi melahirkan anaknya. Jasa-jasa seorang ibu itu, sangat tidak bisa di anggap sepele, sebab mereka sudah banyak berusaha demi keluarga. Ada pribahasa, “Ibu tunggul rahayu Bapak pangkal derajat,”. Katanya.

Nah, lanjut Ali, dosa yang ketiganya adalah dosa kepada diri pribadi, dari membohongi diri demi asal senang dan puas di dunia, sehingga di pikirannya bahwa akhirat itu gimana nanti. Kalian semua tahu, bahwa shalat itu kan sesungguhnya wajib, tapi banyak di tinggalkan oleh manusia. Kalian tahu narkoba dan judi itu haram, tapi masih saja banyak di lakukan.

Kemudian tambah Ali, dosa yang ke 4 adalah dosa kepada keluarga. Di depan Allah SWT, seorang suami di dakwah oleh istrinya, dan seorang istripun di dakwah oleh suaminya. Kelak, para suami dan istri itu bakal di dakwah oleh Allah SWT.

Dosa yang ke 5 yaitu yang terahir, yakni dosa kepada tetangga. Jangan suka memfitnah, membicarakan tetangga ataupun orang lain. Maka dari itu, di hari yang suci ini mari kita saling bermaaf-maafan satu sama lain. Karena, ibadah puasa itu artinya untuk membersihkan rohani dan juga jangan lupa bersihkan jasmani kejalan mengeluarkan zakat fitrah.

Hikmah dari Idul Fitri, yakni sebagai amanahnya pertolongan yang akan membawa keselamatan diri  dan kebahagiaan yang sejati masing-masing. Laksanakan ibadah kepada allah swt, jangan lupa laksanakan shalat pada waktunya, sebab shalat itu tiag agama, siapa saja yang meninggalkan shalat maka robohlah agamanya. Selain itu, cepat-cepat perbanyaklah tobat dari segala dosa dan maksiat sebelum ajal menjemput. Katanya.

(Muhamad Taufik)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com