Jember Army Festival, Dr. Hj. Faida MMR : Jember Merupakan Kota Prajurit

oleh -87 views
Bupati Jember Dr. Hj. Faida MMR, bersama beberapa petinggi TNI dan Polri serta Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, saat di wawancara Awak Media di Alun-Alun Jember, Sabtu, 05/10/2019. Foto : Evelyne Christanty

JEMBER – Penyelenggaraan Jember Army Festival (JAF) untuk kedua kalinya dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bupati Jember Dr. Hj. Faida MMR menyampaikan, agar masyarakat dapat mengetahui lebih dekat terkait segala kekuatan yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Penyelenggaraan festival dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-74  itu, akan berlangsung selama tujuh hari dimulai dari tanggal 5 – 13 Oktober 2019. Usai melaksanakan upacara peringatan HUT TNI ke 74 pada Sabtu, 05/10/2019,  Bupati Jember Dr. Hj. Faida MMR berujar, Jember Army Festival ke-2 kali ini terdapat unsur masyarakat dan pelajar.

“Dengan adanya festival ini, saya harap masyarakat dan santri bisa melihat lebih dekat kekuatan TNI, yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. TNI harus hadir di tengah-tengah masyarakat, dan masyarakat tidak boleh asing dengan kekuatan TNI,” tutur Bupati Jember itu.

Selain pameran Alutsista, dikatakan Hj. Faida, dalam upacara ditampilkan pula drama kolosal yang menceritakan perjuangan dalam membela bangsa dan negara sampai titik darah penghabisan. Dalam peringatan HUT TNI kali ini merupakan ulang tahun rakyat semua, maka dari itu Bupati ingin mengajak masyarakat untuk turut serta menikmati.

“Jember merupakan kota prajurit, di sini banyak kesatuan  begitu pula prajuritnya. TNI merupakan kebanggaan rakyat, kebanggaan masyarakat. Jember Army Festival ini mendapat dukungan dan panduan penuh dari TNI, sehingga wisata edukasi sangat bermanfaat bagi anak – anak dan masyarakat. Festival ini bukan hanya untuk masyarakat Jember, tapi juga untuk  masyarakat di sekitar Jember,” katanya.

Lebih lanjut Bupati Faida berharap, hendaknya masyarakat dapat memanfaatkan even Jember Army Festival lebih maksimal.

“Saya berharap kedepan TNI lebih profesional, lebih dekat dengan rakyat dan bersama-sama membangun Jember,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Komandan Brigade Raider 9 Jember, Letkol Inf. Andreas Nanang Dwi Prastowo mengatakan, kegiatan ini dalam rangkaian Army Festival merupakan wujud dari profesional TNI. Karena rakyat sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan tugas pokok kami, yakni dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

“Salah satu tugas pokok TNI yaitu menampilkan kemampuan, bahwasanya saat ini TNI sudah mempunyai peralatan dan senjata modern dan berkelas dunia. Untuk itu, pihaknya sosialisasikan ini kepada masyarakat jember, agar tidak ragu dan percaya kepada TNI. Karena TNI berasal dari rakyat, maka tentunya apa yang menjadi program Pemkab Jember  TNI siap untuk melaksankan. Kami dari rakyat untuk rakyat. Jadi apa yang menjadi program bupati kami dukung,” tegas Pimpinan Brigade Raider 9 Jember tersebut.

 

Penulis : Evelyne Christanty
Editor : Deni