Kakanim Jember Inisiasi Pelatihan Pengawasan Keimigrasian Wilayah Perairan

oleh -279 views

JEMBER – Indonesia merupakan negara maritim dengan 70% lautan dan juga memiliki 17.504 pulau dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, terletak di sepanjang garis khatulistiwa dan rute laut yang penting, Indonesia memainkan peran penting dalam lalu lintas maritim global.

Hal tersebut membuat Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Jember Said Noviansyah menginisiasi para insan keimigrasian untuk melakukan pelatihan keimigrasian di wilayah perairan Indonesia.

Di temui di kantornya Said Noviansyah Selaku Kakanim Jember yang juga Ketua Satgas III Penegakan Hukum Dan Laut menjelaskan ianya setelah berkoordinasi dengan Dirjen Imigrasi dan Dirjen Kemkumham, akhirnya pelatihan dilaksanakan di Jakarta 21-23 October kemarin, “Untuk memperbesar instansi Imigrasi, kami berinovasi tentang penegakan hukum di wilayah internasional dengan melakukan pelatihan kepada insan imigrasi di Indonesia” ujarnya.

Tegasnya, karena Imigrasi Indonesia merupakan garda terdepan dalam menjaga kedaulatan negara.

Sebanyak 60 kantor imigrasi dari pulau Sumatra dan pulau Jawa mengikuti pelatihan yang berupa cara menggunakan senjata, cara membaca situasi di laut, dan cara menyelamatkan korban kapal yang tenggelam.

Said menambahkan, imigrasi bukan hanya pelayanan publik tetapi juga pengamanan orang asing di Indonesia, “Kami berharap Imigrasi lebih maju dan lebih besar, karena sesuai dengan UUD bahwa Imigrasi Indonesia merupakan penjaga kedaulatan negara.” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, kdepannya Dirjen Imigrasi menargetkan 10.000 ASN sudah mendapatkan pelatihan tersebut sebelum hari ulang tahun Imigrasi tahun depan.

  1. Kontributor : Anjasmara
    Editor            : Abraham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.