Penghobi Mobil Matik??? Pahami Cara Parkirnya Agar Transmisi Tidak Cepat Rontok

oleh -475 views
Tangan seseorang tengah memegang tuas transmisi mobil matic. Foto : Ilustrasi

BEKASI – Posisi parkir kendaraan terkadang hanya diperhitungkan agar mobil lurus dan aman. Ternyata, posisi parkir kendaraan R4 matik yang asal-asalan bisa menjadikan transmisi matiknya cepat rontok.

Fakta yang cukup membuat syok para penghobi R4 matik ini akhirnya dibeberkan oleh Owner Bengkel Spesialis Honda Camp, benama Sugito.

“Banyak kasus transmisi matik cepat rusak karena kesalahan saat parkir. Kebiasaan saat berhenti parkirnya, tuas transmisi dari D langsung digeser ke P dan baru mengaktifkan rem tangan,” ungkap Sugito, pemilik Bengkel Spesialis Honda Camp di Jalan Jatiasih, Bekasi, seperti dilansir Otomotifnet.com.

Terutama, dikatakan Sugito, saat parkir di bidang jalan yang miring. Sebab saat mobil bergerak, girboks masih berputar dari output shaft yang terhubung ke roda penggerak.

“Meski sudah berhenti, mekanikal girboks masih bekerja yang hanya ditahan rem saja. Ketika masuk ke P langsung, mekanikal girboks masih engage yang langsung ditahan parking pawl,” kata Gito.

Gito menjelaskan, dalam posisi mobil miring, ada beban stres dari mekanikal girboks yang saling menjepit dan langsung ditahan parking pawl. Maka saat mobil melaju lagi, saat menggeser tuas transmisi dari P akan terasa keras.

“Itu bakal disertai gejala nyentak akibat mekanikal girboks yang terjepit dan langsung terlepas. Komponen girboks bisa cepat aus, transmisi matik bisa rusak jika terus seperti itu,” jelas Gito.

 

 

Sumber : Otomotifnet.com
Editor : Deni